Jelaskan pengaruh letak benua Australia serta dari segi geografis di bidang sosial, politik, dan budaya

Jelaskan pengaruh letak benua Australia serta dari segi geografis di bidang sosial, politik, dan budaya…

Jawaban :

Letak astronomis, Benua Australia berada di antara 113º Bujur Timur (BT) – 115º Bujur Timur (BT) dan 10º Lintang Selatan (LS) – 43º Lintang Selatan (LS). Jika dilihat dari letak geografisnya, Benua Australia berada di bagian selatan wilayah Indonesia. Letaknya menyendiri di belahan bumi bagian selatan dengan topografi paling rata dibandingkan benua yang lain. Sebagian wilayah Benua Australia adalah kawasan plato rendah. Adapun penduduk Benua Australia sebagian besar merupakan Ras Kaukasoid yang berasal dari Eropa.
Batas-batas wilayah Benua Australia ialah sebagai berikut:
1. Batas utara: Laut Timor, Luat Arafuru, dan Selat Flores
2. Batas timur: Samudra Pasifik, Laut Tasman, dan Laut Coral
3. Batas selatan: Samudra Hindia
4. Batas barat: Samudra Hindia.

Letak geografis tersebut membawa pengaruh bagi negara Australia. Pengaruh tersebut diantaranya sebagai berikut :
1. Bidang sosial
Benua Australia memiliki penduduk asli dari suku Aborigin. Mereka menempati daerah-daerah di pedalaman. Kondisi wilayahnya cenderung kering dan tandus. Di lain sisi, Australia sebagian besar terisi dengan pendatang. Mereka memiliki kulit putih sebagai imigran dari Eropa dan imigran lain terutama dari wilayah Asia.

2. Bidang politik
Australia adalah monarki konstitusional dengan pembagian kekuasaan federatif. Pemerintah Australia menganut sistem parlementer dengan Ratu Elizabeth II sebagai puncak kepemimpinannya, yakni sebagai Ratu Australia, suatu peran yang berbeda dengan kedudukannya sebagai ratu bagi Dunia Persemakmuran lainnya.

3. Bidang budaya
Penduduk Asli Australia, atau Suku Aborigin, adalah penduduk asli Australia. Mereka bermigrasi dari Afrika ke Asia sekitar 70.000 tahun yang lalu, dan dari Asia ke Australia 40.000 sampai 50.000 tahun yang lalu. Ketika Inggris tiba dan mulai menetap di Australia, mereka membawa penyakit seperti campak, cacar, dan tuberkulosis, menyebabkan kerusakan besar pada populasi Aborigin. Australia tidak memiliki bahasa resmi, namun sebagian besar penduduknya berbicara bahasa Inggris sebagai bahasa pertama. Bahasa Inggris Australia memiliki aksen dan kosa kata yang khas. Karena orang-orang dari sekitar 200 negara di seluruh dunia telah bermigrasi ke Australia, ada banyak sekali jenis bahasa yang digunakan di negara ini. Bahasa lain yang digunakan di Australia meliputi bahasa Mandarin, Italia, Arab, Kanton, dan Yunani.

Tinggalkan komentar