Sejarah benua dari waktu ke waktu dari dulu sampai sekarang

Sejarah benua dari waktu ke waktu dari dulu sampai sekarang….

Jawaban :

Berdasarkan teori apungan benua dari Alfred Lothar Wegener, dahulu hanya ada satu benua besar, yaitu Pangea. Kemudian pangea pecah menjadi Laurasia di bagian utara dan Gondwana di bagian selatan. Selanjutnya, kedua benua tersebut pecah, Laurasia pecah membentuk benua-benua di utara khatulistiwa, yaitu Amerika Utara, Eropa, Asia. Hingga akhirnya membentuk benua seperti yang ada sekarang.
Bagian barat Laurasia bergerak ke arah utara membentuk Benua Amerika Utara, Asia, dan Eropa. Sementara itu, bagian selatan Gondwana terpecah menjadi beberapa benua. Bagian Gondwana yang bergerak ke barat membentuk Amerika Selatan dan bagian yang bergerak ke timur membentuk Afrika, India, dan Australia. Sedangkan Benua Antartika terbentuk dari pecahan Gondwana yang bergerak ke arah Selatan.

Jadi, sejarah benua dari waktu ke waktu dari dulu sampai sekarang adalah dari satu benua besar, yaitu pangea kemudian pecah menjadi Laurasia dan Gondwana, hingga keduanya terus bergerak dengan arah yang berbeda, terpecah dan membentuk benua-benua seperti saay ini.

Tinggalkan komentar