Sebutkan alat gerak pasif!

Sebutkan alat gerak pasif!

Jawaban:

Alat gerak pasif adalah tulang atau rangka.

Manusia umumnya terlahir dengan 300 tulang. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, beberapa jaringan tulang akan menyatu. Dengan demikian, seseorang hanya akan memiliki sekitar 206 tulang di dalam tubuh saat mencapai usia dewasa. Tulang-tulang tersebut akan membentuk suatu sistem yaitu sistem rangka.

Sistem rangka merupakan alat gerak pasif, artinya rangka tidak dapat bergerak sendiri tanpa bekerja sama dengan alat gerak aktif yaitu otot. Selain sebagai alat gerak pasif, rangka juga memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

1. Menopang dan memberi bentuk tubuh
Salah satu peran utama tulang adalah untuk memberikan bentuk tubuh dan menentukan tinggi badan. Tulang juga berfungsi untuk menopang tubuh agar manusia dapat berdiri tegak atau duduk.

2. Menunjang pergerakan tubuh
Tulang bersama dengan otot, ligamen, dan sendi berperan dalam mendukung pergerakan tubuh, sehingga manusia dapat menjalani aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, menulis, dan makan.

3. Memproduksi sel darah
Sumsum tulang merupakan bagian tulang yang berfungsi untuk menghasilkan sel-sel darah. Selain menghasilkan sel darah, sumsum tulang juga berfungsi untuk menghancurkan sel-sel darah yang sudah tua.

4. Menyimpan mineral
Sistem rangka manusia menyimpan dua mineral penting, yaitu kalsium dan fosfor. Kalsium dan fosfor dibutuhkan sel agar dapat berfungsi dengan baik, terutama sel saraf dan otot.

5. Melindungi organ dalam
Rangka berfungsi melindungi organ-organ dalam yang rawan rusak ketika terkena benturan, seperti jantung, paru-paru, dan otak. Jantung dan paru-paru dilindungi oleh tulang rusuk, sedangkan otak dilindungi oleh tulang tengkorak.

6. Tempat melekatnya otot
Otot merupakan alat gerak aktif karena dapat berkontraksi dan berelaksasi. Untuk dapat melakukan pergerakan, otot harus melekat pada tulang.

 

Tinggalkan komentar