Raja yang berkuasa pada masa dakwah nabi Ibrahim A.S. bernama?

Raja yang berkuasa pada masa dakwah nabi Ibrahim A.S. bernama?

Jawaban:

Raja Namrud

Pembahasan:

Raja Namrud merupakan raja yang berkuasa pada masa dakwah Nabi Ibrahim. Raja Namrud adalah seorang yang raja yang angkuh dan sombong. Wilayah kekuasaannya membentang dari belahan timur dan barat dunia. Namrud juga dikenal sangat kejam karena tak segan membunuh tiap bayi laki-laki yang baru lahir karena khawatir akan menggantikannya atau menyerangnya.

Raja Namrud juga dikenal karena memiliki harta karun yang luar biasa. Cadangan makanannya berlimpah, bala tentaranya banyak, serta istana yang megah bersama menara babel Raja Namrud. Dengan semua nikmat dan kekayaan tersebut, ia berperilaku sombong. Sifat tersebut ternyata membuat ia lupa diri dan mengaku sebagai Tuhan. Ia juga meminta pengakuan kepada seluruh rakyatnya.

Suatu ketika Nabi Ibrahim datang ke hadapan Raja Namrud, ditanya lah “Siapakah Tuhanmu?” Nabi Ibrahim pun menjawab “Tuhanku ialah Yang menghidupkan dan mematikan. “Raja Namrud kembali mengatakan “Aku pun dapat menghidupkan dan mematikan,” Maka, Nabi Ibrahim meminta Raja Namrud untuk menerbitkan matahari dari Barat seperti yang dilakukan oleh Allah SWT”. Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkan lah ia dari Barat”. Mendengar Nabi Ibrahim menjawab itu, Raja Namrud hanya terdiam dan mengusirnya. Nabi Ibrahim pun pulang dengan membawa tangan kosong.

Pada akhirnya Allah mengazab Namrud dan tentaranya dengan mengirim jutaan nyamuk. Saking banyaknya, sinar matahari pun tertutup oleh gerombolan nyamuk. Nyamuk tersebut menghisap seluruh darah bala tentara Raja Namrud. Melihat itu, Raja Namrud pun lari dan bersembunyi ke ruangan khusus tetapi satu nyamuk mengikutinya dan masuk ke kepalanya melalui lubang hidungnya. Ia menyiksa Raja Namrud selama 400 tahun atau selama ia berkuasa dengan sifat sombongnya. Raja Namrud pun meninggal dunia dengan keadaan dzalim.

Tinggalkan komentar