Julukan negara negara ASEAN

Julukan negara negara ASEAN…

Jawaban :

  1. Indonesia = The Emerald of the Equator
  2. Filipina = Home of the Green Revolution
  3. Thailand = Negeri Gajah Putih dan Lumbung Padi
  4. Singapura = The Lion City
  5. Brunei Darussalam = The Land of Unexpected Treasures dan Negara Petro Dollar
  6. Malaysia = Land of Indigenous Malay dan Negeri Jiran
  7. Vietnam = The Land of Blue Dragon
  8. Laos = The Landlocked Country
  9. Myanmar = The Land of the Golden Pagoda dan Tanah Emas
  10. Kamboja = Land of the Khmer dan Angkor War

Penjelasan :

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama 10 (sepuluh) negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja.
Setiap negara ASEAN memiliki julukan masing-masing yang menggambarkan ciri khas negara tersebut sebagai berikut :
1. Indonesia
Indonesia terletak di lokasi yang strategis, dilewati garis khatulistiwa dan memiliki kekayaan alam yang melimpah, mulai dari budaya hingga sumber daya alam. Kekayaan alam ini membuat Indonesia terlihat seperti batu zamrud. Maka tidak mengherankan jika Indonesia dijuluki sebagai The Emerald of the Equator atau Zamrud Khatulistiwa.
2. Filipina
Filipina mendapat julukan sebagai Home of the Green Revolution atau Rumah Revolusi Hijau. Revolusi Hijau adalah upaya Filipina meningkatkan sistem pertaniannya agar menghasilkan padi yang berkualitas tinggi dalam waktu yang cepat.
3. Thailand
Thailand dijuluki sebagai Negeri Gajah Putih karena gajah putih merupakan simbol kerajaan di Thailand dan merupakan hewan nasional. Dari segi perekonomian, Thailand juga mendapat julukan Lumbung Padi. Ini karena produksi beras Thailand menjadi salah satu yang tertinggi di dunia.
4. Singapura
Singapura mendapat julukan sebagai The Lion City atau Negeri Singa. Walau dijuluki sebagai The Lion City, namun ternyata simbol hewan singa tidak selalu ada di negara ini. Menurut keyakinan, hewan yang dilihat oleh Sang Nila Utama sebenarnya adalah harimau dan bukan singa.
5. Brunei Darussalam
Brunei merupakan salah satu negara terkecil, namun paling kaya di dunia. Forbes bahkan menempatkan negara Brunei Darussalam sebagai negara terkaya nomor lima di dunia dari 182 negara. Kekayaan negara ini didapatkan dari ladang minyak serta gas alamnya. Maka tak mengherankan jika Brunei Darussalam dijuluki sebagai The Land of Unexpected Treasures atau Negara dengan Kekayaan yang Tidak Terduga. Karena kekayaannya pula, Brunei Darussalam juga dijuluki sebagai Negara Petro Dollar.
6. Malaysia
Malaysia mendapat julukan sebagai Land of Indigenous Malay atau bisa diartikan sebagai Tanah Melayu Adat. Selain dikenal dengan Land of Indigenous Malay, Malaysia juga dikenal sebagai Negeri Jiran karena posisinya yang berdekatan dengan Indonesia serta negara lainnya di Asia Tenggara. Negeri Jiran berarti negara tetangga yang saling berdekatan.
7. Vietnam
Istilah Empat Macan Asia atau Macan Asia Timur mengacu pada pertumbuhan ekonomi Hong Kong, Singapura, Korea Selatan dan Taiwan. Vietnam mendapat julukan sebagai The Land of Blue Dragon atau yang dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan Tanah Naga Biru karena Vietnam mengikuti jejak para Macan Asia Timur.
8. Laos
Laos dijuluki sebagai The Landlocked Country atau Tanah Terkunci, karena daerahnya tidak memiliki perairan dan dikeliling oleh negara Myanmar, Cina, Vietnam, Kamboja dan Thailand.
9. Myanmar
Myanmar mendapat julukan sebagai The Land of the Golden Pagoda atau Tanah Pagoda Emas atau Negeri Seribu Pagoda. Pagoda menjadi salah satu ciri khas Myanmar dan menjadi bentuk penyebaran agama Buddha. Contohnya Shwedagon Pagoda. Myanmar juga dijuluki sebagai Tanah Emas karena emas sangat penting dan disakralkan bagi masyarakat Myanmar. Emas juga digunakan dalam pembuatan pagoda.
10. Kamboja
Kamboja dijuluki sebagai Land of the Khmer atau Tanah Kedamaian dan Kemakmuran. Karena nama negara Kamboja berasal dari Bahasa Sansekerta, Kambuja atau Kampuchea, yang berarti tanah kedamaian dan kemakmuran. Selain itu, Kamboja juga dikenal dengan Angkor Wat, salah satu candi Buddha terbesar di dunia.

Jadi, julukan negara negara ASEAN adalah :
1. Indonesia = The Emerald of the Equator
2. Filipina = Home of the Green Revolution
3. Thailand = Negeri Gajah Putih dan Lumbung Padi
4. Singapura = The Lion City
5. Brunei Darussalam = The Land of Unexpected Treasures dan Negara Petro Dollar
6. Malaysia = Land of Indigenous Malay dan Negeri Jiran
7. Vietnam = The Land of Blue Dragon
8. Laos = The Landlocked Country
9. Myanmar = The Land of the Golden Pagoda dan Tanah Emas
10. Kamboja = Land of the Khmer dan Angkor War

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …