Tanda Freon Ac Mobil Habis dan Cara Mengisinya

Tanda Freon Ac Mobil Habis – Sudah menjadi rahasia umum bahwa AC Mobil merupakan fitur atau komponen pada mobil yang keberadaannya sangat penting dan dibutuhkan bagi pengendara atau penumpangnya. Sebab dengan adanya Ac Mobil para penghuni mobil tidak akan merasakan kepanasan saat berada di dalam mobil. Pada saat kita berkendara di tengah kemacetan dan cuaca panas yang sangat terik, pastinya keberadaan Ac Mobil sangat dibutuhkan untuk menyejukan ruangan mobil.

Selain memberikan ruangan interior mobil yang sejuk, Fungsi  Ac Mobil yang tidak kalah penting lagi pada saat musim penghujan, dengan menyalakan Ac Mobil dapat menghilangkan embun pada kaca mobil yang tidak dibersihkan oleh wiper. Melihat sangat pentingnya manfaat  Ac Mobil sudah sewajarnya jika para pemilik mobil harus merawat dan menjaga kondisi mobil agar fungsinya harus tetap maksimal dan yang terpenting tidak mengeluarkan bau yang tidak enak.

Tanda Freon Ac Mobil Habis

Namun yang banyak pemilik mobil sering lupa yakni mengenai Freon Ac Mobil Habis, padahal seiring berjalannya waktu dan sering digunakannya Ac Mobil membuat Freon Ac Mobil Habis dan tentunya akan mengurangi kinerja Ac Mobil untuk menjelaskan fungsinya. Pertanyaanya, bagaimana cara mengetahui Freon Ac Mobil Habis? Ada beberapa Tanda Freon Ac Mobil Habis yang bisa diketahui, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mari simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Kompresor Ac Tidak Berputar

Tanda Freon Ac Mobil Habis pertama yang bisa diketahui yakni kompresor ac tidak berputar sebagaimana biasanya, pada saat sobat menyalakan saklar ac mobil dan kompesor ac mobil tidak berputar atau diam saja berarti sobat perlu mengecek apakah freon ac mobil masih ada atau, jika masih ada berarti ada problem yang harus segera di perbaiki.

Udara Yang Keluar Tidak Sudah Dingin

Selain kopresor ac tidak berputar, Tanda Freon Ac Mobil Habis lainnya yang bisa sobat ketahui yaitu udara yang dikeluarkan ac tidak sudah dingin atau segar. Maka jika saat sobat mengendarai mobil dan menyalakan ac mobil namun udara yang dikeluarkan tidak dingin, ini tanda freon ac mobil habis yang segera diganti.

Kipas Ac Tidak Berputar Saat Pada Posisi ON

Langkah paling mudah selanjutnya yang bisa sobat lakukan untuk mengetahui Freon Ac Mobil Habis yakni dengan melihat kipas ac berputar atau tidak, jika ac masih berputar namun tidak maksimal berarti freon masih ada namun akan habis, tapi jika kipas ac tidak berputar sekali bisa dipastikan freon ac mobil habis.

Periksa Sight Glass Ac

Dan terakhir yang bisa sobat ketahui dengan memeriksa sight glass ac, pada kondisi freon ac mobil mau habis biasanya akan mengeluarkan gelembung udara berawarna pink pada bagian reeiver ketika mobil dihidupkan.

Cukup mudah bukan untuk mengetahui Tanda atau Ciri Freon Ac Mobil Habis, selain mengecek freon mobil untuk membuat ac mobil selalu memiliki kinerja yang bagus maka dari itu sobat perlu melakukan perawatan ac mobil dengan rutin, kemudian untuk sobat yang ingin mengisi freon sendiri. Berikut ini Cara Mengisi Freon yang bisa sobat lakukan.

Cara Mengisi Freon Pada Ac Mobil Dengan Benar

Berikut ulasannya :

Pertama

Langkah pertama Mengisi Freon Pada Ac Mobil yang bisa sobat lakukan yaitu dengan mengosongkan terlebih dahulu freon sisa yang ada pada ac mobil dengan cara menutup terlebih dahulu katup manifold gauge kemudian hubungkan pada selang lampu merah menuju nipel pada tekanan tinggi, sementara untuk tekanan yang rendah untuk selang biru dan selang hijau untuk pompa vakum.

Kedua

Jika semuanya sudah terpasang semana mestinya atau sudah benar, langkah selanjutnya yaitu dengan membuka salah satu katup di manifold yang diteruskan dengan menghidupkan pompa vakum.  Setelah dihidupkan, sobat tinggal mengamati  ukuran pada  vakum gauge, adapun untuk ukuran idealnya kurang lebih sekitar 600mmHg (23,62 inHg; 80 kPa).

Ketiga

Jika sudah melakukan langkah langkah yang ada diatas, langkah selanjutnya yaitu dengan membuka katup manifold yang satunya lagi agar vacuum kinerjanya lebih efesien sebab dua duanya bekerja. Kemudian lihat kembali angkal pada vacuum gauge yang diteruskan dengan memastikan Ac mobil sudah bersih dari uap. Jika angka dan air sudah pada angka 750 mmHg (29,53 in Hg; 99,98 kPa) maka ukurannya sudah benar.

Lalu biarkan terlebih dahulu kurang lebih selama 30 menitan yang kemudian dilanjutkan dengan menutup kedua sisi manifold yang sobat tadi buka sebelum mematikan pompa vacuum. Jika sudah pompa vacuum sudah mati, sobat tunggu terlebih dahulu sampai 15 menit dan perhatikan angka yang ada pada vacuum gauge. Jika angka mengalami penurunan berarti ada kebocoran pada sistem ac mobil.

Gimana setelah melihat Tanda Freon Ac Mobil Habis dan Cara Mengisinya yang ada diatas, cukup mudah bukan untuk mengetahui tanda freon ac mobil habis dan cara mengisinya? Dengan mengikuti langkah langkah diatas, permasalahan freon ac mobil habis dapat terselesaikan dengan mudah. Selain freon ac mobil habis, ac mobil bau dan tidak dingin problem yang sering kali ditemukan pada ac mobil.

Sekian yang Solderpanas sampaikan dan terimakasih.

Tinggalkan komentar