Memperbaiki Tv Polytron Layar Dominan Merah

Memperbaiki Tv Polytron Layar Dominan Merah

Memperbaiki Tv Polytron Layar Dominan Merah – TV Polytron yang mengalami kerusakan warna dominan merah dan gambar masih jelas terlihat hanya warna merah yang mendominasi antara biru dan hijau.

TV Polytron jenis slim yang mengalami kerusakan dominan warna merah sering kali terjadi. Ini biasanya karena tabung katoda yang mulai bermasalah. Atau ada kerusakan pada IC program yang berubah settingannya.

Dengan sederhana cara mengatasi TV Polytron yang dominan merah kita dapat memakai teknik tanpa harus membongkar TV. Tetapi ini hanya pertolongan pertama. Bila hasilnya tidak permanan kemungkinan ada kemungkinan kerusakan di bagian IC memori dan kerusakan sistem RGB pada tabung.

Memperbaiki Tv Polytron Layar Dominan Merah

Cara mengatasi TV Polytron yang dominan warna merah yaitu dengan memakai mode servis. Syaratanya rekan perlu mempunyai remot TV Polytron. Jika rekan tidak mempunyai remot TV Polytron teknik ini tidak dapat di lakukan.

Cara Memprogram TV POLYTRON Dominan Merah

  • Nyalakan TV.
  • Lalu matikan memakai remot. Biarkan TV mati standby.
  • Tekan tombol menu pada remot dan tahan sampai layar TV menyala.
  • Jika TV sudah menyala lalu masukkan kode 1013, akan muncul pilihan mode servis
  • Untuk mensetting warna merah kita memakai settingan R-CUT, biasanya dikurangi tergantung dengan seberapa parah warna merah yang dominan.
  • Setelah selesai tekan tombol menu untuk menyimpan.

Untuk mecoba apakah bekerja atau tidak, silahkan matikan TV lalu nyalakan kembali. Jika tidak merah lagi itu berarti berhasil.

Kerusakan ini belum tentu karena tabung gambar. Kadang masalah kerusakan blok RGB antara transistor dan resistor. Jika rekan tidak ahli dalam elektro rekan bisa memakai jasa tukang servis TV untuk memperbaikinya.

Cara ini cukup bekerja, bila layar tidak dalam keadaan blank garis garis buku. Karena garis buku berarti ada short di bagian katoda netah pada bagian rangkaian atau karena pin katoda yang konek pada bagian screen.

Jika keadaan masih wajar warna merah yang dominan saja masih dapat ditolong dengan servis mode TV Polytron.

Kata Penutup

Itu saja dari solderpanas tenang Memperbaiki Tv Polytron Layar Dominan Merah, sekian dan terimakasih.

Check Also

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak bermunculan produk-produk elektronik baru yang tentunya sudah semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published.