Bunga apa yang mengeluarkan bau busuk?

Bunga apa yang mengeluarkan bau busuk?

Jawaban:

Bunga yang mengeluarkan bau busuk yaitu bunga raflesia dan bunga bangkai.

Pembahasan:

Bunga raflesia dan bunga bangkai adalah dua jenis bunga yang berbeda.

Berikut ini beberapa perbedaan antara bunga raflesia dengan bunga bangkai:

1. Nama latin
Bunga raflesia memiliki beberapa spesies, antara lain ๐˜™๐˜ข๐˜ง๐˜ง๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ด๐˜ช๐˜ข ๐˜ข๐˜ณ๐˜ฏ๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ช, ๐˜™๐˜ข๐˜ง๐˜ง๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ด๐˜ช๐˜ข ๐˜จ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ด๐˜ช๐˜ด, ๐˜™๐˜ข๐˜ง๐˜ง๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ด๐˜ช๐˜ข ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ด๐˜ด๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ต๐˜ช, dan ๐˜™๐˜ข๐˜ง๐˜ง๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ด๐˜ช๐˜ข ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ถ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ด๐˜ช๐˜ด. Sedangkan bunga bangkai memiliki beberapa spesies, antara lain ๐˜ˆ๐˜ฎ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฑ๐˜ฉ๐˜ฐ๐˜ฑ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ญ๐˜ญ๐˜ถ๐˜ด ๐˜ต๐˜ช๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ฎ, ๐˜ˆ๐˜ฎ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฑ๐˜ฉ๐˜ฐ๐˜ฑ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ญ๐˜ญ๐˜ถ๐˜ด ๐˜จ๐˜ช๐˜จ๐˜ข๐˜ด, ๐˜ˆ๐˜ฎ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฑ๐˜ฉ๐˜ฐ๐˜ฑ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ญ๐˜ญ๐˜ถ๐˜ด ๐˜ฎ๐˜ฐ๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช, dan ๐˜ˆ๐˜ฎ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฑ๐˜ฉ๐˜ฐ๐˜ฑ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ญ๐˜ญ๐˜ถ๐˜ด ๐˜ท๐˜ข๐˜ณ๐˜ช๐˜ข๐˜ฃ๐˜ช๐˜ญ๐˜ช๐˜ด.

2. Bentuk tanaman
Bunga raflesia memiliki bentuk yang melebar ke samping dengan lubang besar ditengahnya dan kelopaknya berwarna merah Bata. Sedangkan bunga bangkai memiliki bentuk menjulang tinggi yang terdiri dari dua bagian, yaitu braktea dan tonggol (spadix). Braktea merupakan bagian pelindungnya yang mekar, sedangkan tonggol merupakan bagian yang menjulang tinggi ke atas.

3. Cara mendapatkan nutrisi
Bunga raflesia mendapatkan nutrisi dari tanaman inangnya sehingga tumbuhan ini bersifat parasit. Sedangkan bunga bangkai memiliki umbi, batang, hingga akar sendiri sehingga dapat menghasilkan makanannya sendiri.

4. Ukuran
Bunga raflesia berdiameter mencapai 1 m. Sedangkan bunga bangkai memiliki ukuran tinggi yang mencapai 2,5 meter dengan lebar 1,5 meter saat mekar.

5. Jenis kelamin
Bunga raflesia memiliki alat kelamin jantan dan betina dalam satu tumbuhan sehingga tergolong ke dalam tumbuhan berumah dua. Sedangkan bunga bangkai memiliki alat kelamin yang berbeda tiap tumbuhan, ada yang berkelamin jantan dan ada juga yang berkelamin betina. Artinya, setiap tumbuhan hanya memiliki satu alat kelamin.

Tinggalkan komentar