Karakter Driver SOCL 504

Karakter Driver SOCL 504

Karakter Driver SOCL 504 – Saya sedang sedikit percobaan tentang karakter driver SOCL 504. Pada kesempatan ini saya memakai sistem percobaaan perbandingan berbagai hal yang sangat penting dalam hal pemakaian daya dan speaker. Saya membandingkan beberapa aspek yang dapat kita lihat. Tapi kali ini saya hanya mengetahui hasilnya melalui pendengaran telinga dan gerakan speaker.

Karakter Driver SOCL 504

Berikut adalah karakter dari driver SOCL 504 :

Perbandingan Pengguaan Daya 

Percobaan yang pertama yaitu hal power supply. Pada pemakaian power supply saya memakai 2 ukuran. Yang pertama memakai trafo kecil bekas tape dack sekitar 3A. Untuk membunyikan speaker 12 inci hasilnya lumayan. Dengan nada full renge bisa terdengar jelas terutama nada midlow dan low, subsow. Namun pada nada higt masih kalah dengan OCL 150W.

Percobaan ke 2 langsung ke trafo 15A 45V CT. Untuk mensupply speaker 15 inci, nada lebih condong ke midlow dam low hingga sub. Untuk nada mid hig kelihatannya seperti terpotong. Tidak tau kebetulan atau tidak hanya pada driver ini saja.

Sayang ketika mensupply untuk 18 inci 2 buah dengan main 4 ohm suaranya masih sumbar.

Penggunaan speaker

Jadi saya rasa driver ini cocok pada speaker ukuran 15 inci 2 buah. Suara bassnya cukup kental jika di pakai untuk supply 15 inci dengan supply trafo 15A. Untuk 18 inci satu buah main 8 ohm masih dapat dirasakan kekentalan nada suaranya tapi akan hilang jika di dobel memakai 2 buah sepaker, ini belum tahu ketika memakai sistem TEF. TEF mungkin dapat untuk di pakai supaya menambah power.

Pebandingan karakter suara

Perbandingan dengan driver sejenis yiroshi vs Socl dalam perbandingan ini saya memakai transistor yang sama. Yaitu memakai 4 pasang transistro final sanken dan memakai supply 45V CT.

Pada driver SOCL ini ternyata cenderung ke nada bass yang empuk. Sedangakan power yiroshi masih cenderung ke midle dan sangat menonjol di nanda mid higt dan hight. Setelah dicoba bergantian dengan memakai sistem tone yang sama. Sehingga bisa disimpulkan, karakter driver SOCL cenderung ke nada bass. Dan terpotong pada nada tweeter, karena masih kalah dengan driver yang memakai sistem 3 tingkat atau model TEF.

Bisa jadi super OCL 504 nada tweeter tidak akan terpotong saat diberikan TEF di bagian basis sebelum transistor final. Mungkin akan dapat menyimpulkan bila melakukan perbandingan lebih lanjut dengan menambah TEF pada trasistor final.

Itu saja tentang Karakter Driver SOCL 504, sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.