Cara Mudah Memperbaiki IC Vertikal Jebol Terus

Cara Mudah Memperbaiki IC Vertikal Jebol Terus

Cara Mudah Memperbaiki IC Vertikal Jebol Terus – Berbagai keluhan permasalahan yang ada pada TV salah satunya kerusak pada bagian IC vertical. Yang mati terus, terbakar, dan meledak atau pecah. Tentu ini menjadi tantangan bagi seorang teknisi tentang cara menangani IC vertikal yang mati terus meski sudah diganti yang baru.

Tidak heran bila sebagian teknisi kesulitan menangani ini. Lalu apa saja penyebabnya hingga membuat pusing.

Sebagai seorang pemula, saya pun awalnya juga kesulitan menangani kerusakan ini. Tapi saya terus percobaan untuk mendapatkan pengalaman baru. Meski harus berkorban beberapa IC vertikal untuk melakukan percobaan.

Gejala awal yang dialami IC vertikal pecah yaitu tiba tiba layar bergetar. Memanjang ke atas dan bawah, muncul ledakan dan asap yang berasal dari IC vertikal dan elco. Kemudian mengalami protek standby hingga sampai mati total.

Penanganan kasus rumit ini dengan mencopot IC vertikal yang terbakar dan mengamati casis TV yang bekerja pada bagian blok vertikal. Supaya nanti tidak menjalar ke bagian lain.

Lalu setelah mencopot IC coba nyalakan TV. Ada 2 kemungkinan yaitu TV standby dan mati total.

Keadaan akan parah jika TV sudah mengalami gejala mati total. Karena mengalami shortnya IC vetikal yang berdampak dengan blok regulator atau power supply.

Tentu jika ini sudah terlanjur kita perlu memperbaiki blok regulatornya dahulu.

Dalam beberapa kasus yang jika TV mati total karena komponen aktif menalami short menghantam regulator. Berefek pada demper atau transistor pembangkit tegangan regulator. Dan bagi TV yang IC nya di supply oleh flyback kemungkinan juga transistor horizontal mengalami short.

TV hanya standby saat IC sudah diambil, ini terjadi pada beberapa jenis merek TV yang memakai sistem protek. Ini ditandai dengan tegangan jika di ukur memakai VOLT M DC akan hilang semua atau drop dan lampu indikator hanya stanby menyala. Jika di nyalakan memakai remot, tegangan sesaat normal.

✅Baca Juga :  Data Pin IC UTC MC4580

Cara Mudah Memperbaiki IC Vertikal Jebol Terus

Berikut beberapa penyebab IC vertikal TV jebol, terbakar, dan pecah terus menerus.

Tegangan IC vertikal naik drastis

Kenaikan tegangan terjadi karena sumber tegangan IC vertikal di supply. Sehingga tergantung dengan bagaimana masing masing merek TV bekerja. Misalnya Polytron yang IC vertikalnya di supply oleh tegangan dari output flyback. Dan beberapa merek yang IC vertikalnya di supply langsung oleh regulator terutama pada TV China.

Di sini langkah perbaikan sudah jelas dari mana asal kerusakan IC vertikal yakni naiknya tegangan pada pensupply IC, sehingga langkah penanganan mencari penyebab tegangan pensupply IC vertikal naik drastis.

Pada IC vertikal yang bekerja mensupply tegangan yang berasal dari flyback, pertama ukur tegangan output dari flyback. Jika tegangan ada begitu tinggi melebihi 27V itu sudah terdeteksi tegangan out flyback menyebabkan IC tebakar. Di balik naiknya tegangan inilah yang menjadi kacau pada beberapa kasus yang terjadi jika ini disinyalir blok horizontal yang bermasalah. Karena kenaikan tegangan output flyback kadang karena kapasitor resonan telah short. Tapi kasus ini jarang terjadi bila transistor horizontal masih dalam keadaan bagus.

Naiknya tegangan B+ 115V pensupply flyback juga ikut dalam masalah ini, maka jangan melewatkan pengukuran tegangan ini.

Jika penanganan tegangangan tidak membuahkan hasil, bisa dengan mengganti flyback atau membuat tegangan buatan dengan memanfaatkan farrit flyback yang di lilitkan dengan kabel sehingga menghasilkan tegangan normal pada pensupply IC vertikal.

Komponen pendukung short

Hal ini juga salah satu penyebab IC vertikal rusak, terbukti waktu saya mengalami hal yang tidak terduga ketika IC vertikal jebol terus. Yang ternyata defleksi yoke terbakar sampai mengakibatkan short pada IC vertikal.

✅Baca Juga :  Persamaan Transistor Final TIP 3055 dan TIP 2955

Elco juga bisa mempengaruhi ketidak setabilan tegangan, sehingga bisa berakibat IC vertikal bekerja pincang. Akhirnya IC lelah dan kemudian meledak.

Saya juga pernah ngalamin kejadian ketika IC vertikal terbakar karena dioda pensearah bocor sampai mengakibatkan arus AC mengalir bebas pada blok vertikal. Ini ditandai dengan elco yang meledak. Jika penanganan menemukan elco yang meledak, periksa juga dioda pensearah pada bagian pensupply IC vertikal.

Keberuntungan juga kadang terjadi di IC vertikal yang hanya mati karena kelelahan bekerja sehingga hanya dengan mengganti IC dengan yang baru bisa langsung cling.

Itu saja tentang Cara Mudah Memperbaiki IC Vertikal Jebol Terus, sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.