Siapa nama tokoh 3 serangkai

Siapa nama tokoh 3 serangkai…

Jawaban :

Jadi, 3 tokoh serangkah adalah Douwes Dekker, Tjipto Mangunkusumo, dan Ki Hadjar Dewantara.

Penjelasan :

Pada masa pergerakan nasional, julukan Tiga Serangkai merujuk pada tiga tokoh ternama yang merupakan pendiri dan pemimpin organisasi Indische Partij. Indische Partij (IP) adalah partai politik pertama di Hindia Belanda yang dibentuk oleh tiga serangkai yaitu Douwes Dekker, Tjipto Mangunkusumo, dan Ki Hadjar Dewantara.

Douwes Dekker merupakan pengagas utama terbentuknya Indische Partij dengan nama asli Danudirja Setiabudi. Meskipun Douwes Dekker merupakan keturunan Belanda, Beliau adalah pelopor munculnya nasionalisme di Indonesia pada awal abad ke-20.

Tjipto Mangunkusumo lahir di Desa Pecagakan, Jepara, pada 4 Maret 1886. Baginya, Indische Partij merupakan upaya mulia mewakili kepentingan-kepentingan semua penduduk Hindia Belanda, tidak memandang suku, golongan, dan agama. Selain dikenal sebagai aktivis pergerakan nasional, Beliau juga berprofesi sebagai seorang dokter.

Ki Hadjar Dewantara atau yang bernama asli Raden Mas Soewardi Soeryaningrat lahir pada 2 Mei 1889 di Yogyakarta. Beliau terkenal sebagai bapak pendidikan karena kepeduliannya terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia. Selain itu, Beliau juga aktif di bidang jurnalis dan politik.

Check Also

Sebutkan ada berapa yang mempengaruhi kenberagaman yang ada di negara kita, indonesia ?

Sebutkan ada berapa yang mempengaruhi kenberagaman yang ada di negara kita, indonesia ? Jawaban : …