Danau di Indonesia yang memiliki tiga warna air dan termasuk dalam jenis danau vulkanik adalah

Danau di Indonesia yang memiliki tiga warna air dan termasuk dalam jenis danau vulkanik adalah

Jawaban :

Danau di Indonesia yang memiliki tiga warna air dan termasuk dalam jenis danau vulkanik adalah Danau Kelimutu. Danau ini berada di Gunung Kelimutu. Tepatnya di Kecamatan Kalimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Gunung ini mempunyai tiga buah danau kawah dengan warna air yang berbeda-beda. Danau berwarna biru bernama Tiwu Ata Bupu yang artinya danau orangtua.

Penjelasan :

Secara umum, danau vulkanik terdiri dari Crater rim, yaitu dinding kawah sebagai penutup danau da Crater sediments, yaitu endapan sedimen hasil rombakan batuan sekitar sebagai dasar danau. Danau vulkanik yang tersebar di sejumlah propinsi di Indonesia, diantaranya yaitu:

1. Danau Maninjau. Danau ini terdapat di Propinsi Sumatera Barat, secara astronomis danau ini terletak pada 0˚12’26,62’’ LS – 0˚25’02,80’’ LS dan 100˚07’43,74’’ BT – 100˚16’22,48’’ BT yang berada di wilayah Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Danau ini terletak di atas ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut.

2. Danau Tondano. Danau ini terletak di Kota Tondano, Propinsi Sulawesi Utara yang berada di antara Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, dan Gunung Masarang.

3. Danau Gunung Tujuh. Danau ini berada di Kabupaten Kerinci, Propinsi Jambi, Sumatera. Secara astronomis, danau ini terletak pada 1˚42’23’’ LU dan 101˚24’42’’ BT yang terletak di kawasan Gunung Tujuh.

4. Danau Kelimutu. Danau ini berada di Gunung Kelimutu. Tepatnya di Kecamatan Kalimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Gunung ini mempunyai tiga buah danau kawah dengan warna air yang berbeda-beda. Danau berwarna biru bernama Tiwu Ata Bupu yang artinya danau orangtua.

5. Danau Telaga. Danau ini terletak di Pegunungan Dieng yang terletak di Propinsi Jawa Tengah.

6. Danau Toba. Danau ini terletak di Propinsi Sumatera tepatnya di Kabupaten Samosir dan merupakan danau vulkanik terbesar di Indonesia. Danau Toba berada pada ketinggian 905 meter di atas permukaan air laut yang memiliki panjang sekitar 275 km dan lebar sepanjang 150 km. Luas danau ini mencapai 1.130 km2. Danau ini terbentuk akibat aktifitas vulkanis sekitar 73.000 – 75.000 tahun yang lalu.

7. Danau Tolire. Danau ini terletak di Gunung Gamalama di Pulau Ternate yang secara astronomis terletak di 127,29˚ BT – 127,39˚ BT dan 0,75˚ LU – 0,87˚ LU. Danau ini memiliki diameter yang relatif kecil yaitu hanya sekitar 11 km dengan luas area yaitu 76 km².

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.