Jepang merupakan salah satu negara kepulauan yang ada di dunia. Negara ini memiliki sumber daya perikanan yang sangat tinggi yang disebabkan karena banyaknya plankton sebagai makanan bagi ikan. Apakah faktor yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi

Jepang merupakan salah satu negara kepulauan yang ada di dunia. Negara ini memiliki sumber daya perikanan yang sangat tinggi yang disebabkan karena banyaknya plankton sebagai makanan bagi ikan. Apakah faktor yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi…..
a. berada pada pertemuan 2 arus yang berbeda yaitu arus kuroshio dan arus oyashio
b. berada pada zona pertemuan lempeng dunia
c. memiliki perairan laut yang dangkal dan luas
d. berada pada pertemuan 3 arus yang berbeda yaitu arus kuroshio, arus labrador, dan arus humboldt

Jawaban :

A. Berada pada pertemuan 2 arus yang berbeda yaitu arus kuroshio dan arus oyashio

Penjelasan :

Arus Kuroshio merupakan arus panas yang bergerak menuju utara di Samudra Pasifik sebalah barat. Sedangkan arus Oyashio merupakan arus dingin yang bergerak menuju selatan dari arah Selat Bering di utara. Kedua arus tersebut bertemu di wilayah pantai timur kepulauan Jepang. Akibatnya wilayah perairan laut timur kepulauan Jepang memiliki suhu hangat, sehingga banyak tumbuh fitoplankton pada wilayah tersebut. Fitoplankton merupakan makanan bagi ikan, sehingga pada wilayah tersebut juga kaya dengan ikan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Tinggalkan komentar