Menjelaskan usur-unsur peta dan manfaatnya

Menjelaskan usur-unsur peta dan manfaatnya…

Jawaban :

Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar yang diskalakan. Peta memiliki unsur-unsur dan manfaatnya sebagai berikut :
1. Judul
Semua peta pastinya harus memiliki judul yang tepat dan jelas. Hal ini karena, judul ini penting untuk menjelaskan jenis peta. Biasanya, judul peta ini akan terletak di atas gambar.

2. Petunjuk Arah / Orientasi
Petunjuk arah di peta ini biasanya akan ada di bagian kosong di peta, petunjuk ini bentuknya seperti simbol arah mata angin. Hal ini bertujuan untuk mengetahui arah peta, seperti utara, selatan, timur, dan barat.

3. Simbol
Simbol yang ada di peta ini adalah gambar tanda. Simbol ini fungsinya untuk mewakili keadaan sesungguhnya, seperti simbol kota, jalan kereta api, gunung, dan sungai.

4. Warna Peta
Selain simbol saja, peta juga punya simbol warna dengan tujuan untuk menjelaskan keadaan sebuah tempat atau obyek yang ada di permukaan bumi. Contohnya, warna biru merupakan simbol perairan, warna cokelat untuk pegunungan, dan kuning untuk menunjukkan dataran tinggi.

5. Inset
Sebutan ini termasuk yang paling jarak terdengar, inset ini adalah peta yang ukurannya lebih kecil dalam peta. Hal ini berfungsi untuk menunjukkan atau memperjelas sutu lokasi lebih detail.

6. Legenda
Legenda dalam peta ini berfungsi untuk menjelaskan simbol-simbol yang ada di peta, biasanya diletakkan di sudut kiri peta.

7. Skala Peta
Skala adalah perbandingan jarak antara yang digambarkan pada peta dengan yang ada dikenyataan. Skala terbagi menjadi skala angka, verbal, dan garis.

8. Garis Tepi
Garis ini adalah sebuah garis yang akan membatasi ruang pada peta, biasanya berbentuk persegi empat. Garis ini berada di tepi supaya gambar peta berada pada tempat yang tepat, yaitu pada tengah-tengah dan juga supaya bisa meletakkan garis astronomi.

Tinggalkan komentar