Benua Asia membentang dari belahan bumi utara hingga selatan. Analisislah pengaruh kondisi tersebut dengan pembagian iklim di benua Asia

Benua Asia membentang dari belahan bumi utara hingga selatan. Analisislah pengaruh kondisi tersebut dengan pembagian iklim di benua Asia…

Jawaban :

Secara astronomis, Asia terletak di 77º LU – 11º LS dan 26º BT – 169º BT. Pembagian iklim di muka bumi didasarkan pada garis lintang. Salah satu pengklasifikasian iklim di muka bumi yaitu berdasarkan iklim matahari. Iklim matahari adalah iklim yang didasarkan pada jumlah panas atau sinar matahari yang diterima di suatu wilayah di permukaan bumi. Jumlah panas atau sinar matahari yang diterima di wilayah bumi tersebut dipengaruhi oleh garis lintang. Pembagian iklim matahari adalah sebagai berikut:

  • Iklim tropis terdapat di wilayah 23,5ºLU – 23,5ºLS.
  • Iklim subtropis terdapat di wilayah 23,5º – 35º LU/LS.
  • Iklim sedang terdapat di wilayah 40º – 66,5º LU/LS.
  • Iklim dingin terdapat di wilayah 66,5º – 90º LU/LS.

Berdasarkan garis lintangnya, maka Asia yang membentang dari belahan bumi utara sampai selatan tersebut memiliki 4 tipe iklim matahari, yaitu tropis, subtropis, sedang, dan dingin. Pembagian wilayah iklim matahari di Asia adalah sebagai berikut:

  • Iklim tropis, meliputi wilayah Asia Tenggara, Hongkong, Kepulauan Maladewa, sebagian Taiwan, sebagian Bangladesh, India bagian selatan, Yaman, Oman, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi bagian selatan.
  • Iklim subtropis, meliputi wilayah Asia Barat bagian utara, Asia Tengah bagian selatan, Asia Timur bagian selatan, dan Myanmar bagian utara.
  • Iklim sedang, meliputi wilayah Asia Tengah bagian utara dan Asia Timur bagian utara.
  • Iklim dingin, meliputi Rusia dan wilayah lain di sekitar kutub utara.

Jadi, kondisi Asia yang membentang dari belahan bumi utara sampai selatan mempengaruhi pembagian iklim di wilayahnya, yaitu Asia memiliki iklim tropis, subtropis, sedang, dan dingin berdasarkan klasifikasi iklim matahari.

Tinggalkan komentar