Alasan masyarakat Indonesia mengembangkan sektor pertanian yang terus di tingkatkan dengan makanisme pertanian adalah karena

Alasan masyarakat Indonesia mengembangkan sektor pertanian yang terus di tingkatkan dengan makanisme pertanian adalah karena…

Jawaban dan Penjelasan :

Salah satu potensi yang dapat dikembangkan oleh masyarakat Indonesia adalah sumber daya alam hayati yang dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian. Pertanian di Indonesia dapat terus dikembangkan karena didukung oleh iklim dan kondisi geografisnya. Sehingga, banyak dari masyarakat Indonesia yang masih bekerja di bidang pertanian. Namun, untuk meningkatkan produk hasil pertaniannya, maka Indonesia dapat melakukan mekanisasi pertanian dalam proses produksinya.

Mekanisasi pertanian adalah ilmu dan teknik penggunaan berbagai macam alat bantu (yang bersifat mekanis) dalam melakukan proses aktivitas pertanian. Mekanisasi pertanian dalam proses produksi sampai pasca panen dilakukan seiring dengan perkembangan teknologi dan modernisasi.

Pada awalnya, pertanian di Indonesia masih menggunakan cara konvensional yang kurang menguntungkan dalam hal waktu, tenaga, dan hasil produksi. Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah tersebut, maka dikembangkan mekanisasi pertanian. Dengan adanya mekanisasi pertanian, kegiatan produksi menjadi lebih mudah, efektif, dan efisien, meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi, serta menurunkan biaya produksi. Jika pertanian dikembangkan dengan maksimal, maka selain dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, hasil pertanian tersebut juga dapat diekspor, sehingga membantu perekonomian negara.

Jadi, alasan masyarakat Indonesia terus meningkatkan pertanian dengan menggunakan mekanisasi pertanian adalah karena pertanian di Indonesia didukung oleh kondisi iklim dan geografis wilayahnya, di mana hasil pertanian tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dan menunjang perekonomian negara.

Tinggalkan komentar