Manfaat globalisasi transportasi

Manfaat globalisasi transportasi…

Jawaban :

memudahkan distribusi kepada konsumen, terjadinya perkembangan budaya berupa asimilasi dan akulturasi, terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa, serta mempermudah proses pengerjaan sarana dan prasarana sampai ke pedalaman dan daerah terpencil.

Penjelasan :

Globalisasi membawa nilai-nilai global yang diikuti oleh semua orang di setiap bangsa. Peristiwa globalisasi juga memengaruhi dalam segala bidang, salah satunya bidang transportasi. Globalisasi pada bidang transportasi terjadi di seluruh belahan dunia. Dahulu alat transportasi masih sederhana menggunakan perahu, kereta, kuda, dan lain sebagainya. Adanya globalisasi menyebabkan alat transportasi menjadi lebih canggih, mudah, dan cepat seperti mobil, sepeda, motor, kereta api, kapal mesin, dan pesawat terbang.

Manfaat globalisasi transportasi untuk berbagai bidang adalah sebagai berikut.
• Pada bidang ekonomi, globalisasi transportasi memudahkan distribusi kepada konsumen dapat membeli produk atau barang dan jasa secara online dan tanpa perlu berkunjung ke toko atau swalayan.
• Pada bidang budaya, globalisasi transportasi mendukung terjadinya perkembangan budaya di masyarakat. Perkembangan budaya tersebut memungkinkan terjadinya akulturasi dan asimilasi budaya karena adanya mobilitas masyarakat yang tinggi. Proses perkembangan budaya tersebut karena mobilitas masyarakat lebih mudah memperkenalkan budaya di negara lain melalui festival menggunakan pesawat terbang.
• Pada bidang politik, dengan adanya globalisasi transportasi dapat terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa, mempermudah pemerintah dalam menjaga keamanan nasional dari serangan luar, melakukan evaluasi dan bantuan saat terjadi bencana alam, melakukan pelayanan masyarakat secara merata.
• Pada bidang pembangunan, dengan adanya globalisasi transportasi dapat mempermudah proses pengerjaan pembangunan sarana dan prasarana sampai ke pedalaman dan sehingga daerah terpencil dan terisolasi menjadi terbuka dan terhubung dengan dunia luar.

Oleh karena itu, manfaat globalisasi adalah sebagaimana penjelasan di atas.

Tinggalkan komentar