Komponen darah yang bertanggung jawab dalam proses pembekuan darah saat terjadi luka adalah?

Komponen darah yang bertanggung jawab dalam proses pembekuan darah saat terjadi luka adalah?

Jawaban:

Komponen darah yang bertanggung jawab dalam proses pembekuan darah saat terjadi luka adalah trombosit atau keping darah.

Pembahasan:

Darah memiliki dua komponen utama yaitu sel-sel darah dan plasma darah.
Komponen penyusun darah yang paling banyak adalah plasma darah yaitu sebesar 55% bagian darah. Sel darah ini dibagi menjadi 3 komponen penyusun yaitu sel darah merah, sel darah putih dan keping darah. Fungsi masing-masing sel darah adalah:

1. Sel darah merah atau eritrosit memiliki fungsi membawa hemoglobin yang kaya oksigen dari paru-paru menuju jaringan lain. Selain itu, sel darah merah yang telah mengangkut oksigen, harus mengangkut hemoglobin yang telah terikat karbon dioksida kembali ke paru-paru untuk melanjutkan siklus pernapasan manusia.

2. Sel darah putih atau leukosit memiliki fungsi dalam menjaga kekebalan dan pertahanan tubuh. Leukosit juga bertugas dalam menetralkan bakteri dan kuman yang masuk melalui aliran darah atau dari luka yang terbuka.

3. Keping darah atau trombosit memiliki bentuk yang tidak teratur, tidak berwarna, tidak memiliki inti, berukuran lebih kecil dari eritrosit dan leukosit, dan mudah pecah. Trombosit berperan untuk menggumpalkan darah. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengurangi darah yang keluar pada saat terjadi luka.

Tinggalkan komentar