Hutan adalah ekosistem daratan yang menyediakan oksigen, kayu dan tempat tinggal bagi beragam flora dan fauna. Berikut jenis-jenis hutan berdasarkan fungsinya antara lain

Hutan adalah ekosistem daratan yang menyediakan oksigen, kayu dan tempat tinggal bagi beragam flora dan fauna. Berikut jenis-jenis hutan berdasarkan fungsinya antara lain …

a. Hutan Gugur, Hutan Sabana, dan Hutan Hujan Tropis

b. Hutan Produksi, Hutan Konservasi, dan Hutan Lindung

c. Hutan Heterogen, Hutan Homogen, dan Hutan Mangrove

d. Hutan Primer (Hutan Alam) dan Hutan Sekunder (Hutan Buatan)

Jawaban :

B. Hutan Produksi, Hutan Konservasi, dan Hutan Lindung

Penjelasan :

Hutan merupakan suatu wilayah yang ditumbuhi oleh berbagai tanaman, umumnya berupa pohon. Hutan dapat dibedakan jenisnya menurut berbagai kriteria. Jenis hutan berdasarkan fungsinya adalah sebagai berikut.
1. Hutan produksi, merupakan hutan yang difungsikan untuk memproduksi hasil hutan yang dapat dimanfaatkan bagi kebutuhan manusia, baik untuk kegiatan konsumsi maupun industri.
2. Hutan konservasi, merupakan hutan yang difungsikan untuk menjaga keanekaragaman dan kelestarian flora, fauna, serta ekosistem di dalam hutan tersebut.
3. Hutan lindung, merupakan hutan yang memiliki fungsi sebagai penyangga kehidupan, seperti pengaturan tata air, pengendalian erosi, dan pencegahan banjir.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Tinggalkan komentar