Ciri khusus yang dimiliki oleh mahluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya?

Ciri khusus yang dimiliki oleh mahluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya?

Jawaban:

Ciri khusus yang dimiliki oleh mahluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya disebut adaptasi.

Pembahasan:

Adaptasi diartikan sebagai upaya menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan cara merespon perubahan agar tetap dapat bertahan hidup. Organisme yang mampu beradaptasi akan bertahan hidup, sedangkan yang tidak mampu beradaptasi akan mengalami kepunahan atau kelangkaan jenis. Adaptasi ada tiga macam, yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku.

1. Adaptasi tingkah laku adalah adaptasi yang dilakukan dengan menyesuaikan tingkah laku makhluk hidup sesuai dengan kondisi habitat atau tempat tinggalnya. Adaptasi dapat dilihat dari tindakan atau tingkah laku untuk mempertahankan diri. Contohnya bentuk tubuh landak yaitu memiliki kulit berduri dan kaku berfungsi melindungi dirinya dari bahaya musuh. Duri landak bisa membuat musuhnya terluka.

2. Adaptasi morfologi merupakan penyesuaian diri makhluk hidup dengan kondisi lingkungannya melalui perubahan bentuk atau salah satu organ tubuh, dan perubahan ini terjadi secara perlahan dan dalam waktu yang sangat lama. Contoh adaptasi morfologi pada hewan adalah bentuk paruh dan kaki unggas yang berbeda-beda menyesuaikan dengan jenis makanannya.

3. Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian fungsi organ tubuh bagian dalam pada makhluk hidup agar dapat bertahan hidup dengan lingkungannya. Contoh adaptasi fisiologi adalah perbedaan jumlah hemoglobin pada orang yang hidup di pegunungan.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …