Sektor apa saja yang menjadi faktor terjadi interaksi antarruang

Sektor apa saja yang menjadi faktor terjadi interaksi antarruang ?

Jawaban :

Faktor terjadinya interaksi antarruang terdiri dari adanya wilayah yang saling melengkapi, kesempatan untuk berintervensi, dan kemudahan perpindahan ruang.

Penjelasan :

Interaksi antarruang merupakan hubungan timbal balik yang terjadi di antara suatu wilayah dengan wilayah lainnya. Interaksi antarruang ini dapat terwujud dalam berbagai bentuk, seperti distribusi produk dari wilayah yang berbeda. Interaksi antarruang ini dapat terjadi karena adanya beberapa faktor.

Jadi, faktor yang memengaruhi terjadinya interaksi antarruang adalah sebagai berikut.

1. Terdapat wilayah yang saling melengkapi (regional complementary), hal tersebut didasari adanya perbedaan kemampuan suatu wilayah untuk menghasilkan sumber daya. Wilayah yang memiliki kekurangan sumber daya tertentu akan berinteraksi dengan wilayah yang memiliki keunggulan sumber daya tersebut, begitu juga sebaliknya, sehingga terbentuklah wilayah yang saling melengkapi.

2. Terdapat kesempatan untuk berintervensi (intervening opportunity), menunjukkan adanya wilayah baru yang menjadi perantara untuk menyediakan kebutuhan di antara dua wilayah yang sebelumnya sudah berinteraksi, sehingga kedua wilayah awal tersebut melemah interaksinya.

3. Tersedianya kemudahan perpindahan ruang (spatial transferability), menunjukkan adanya aspek-aspek yang dapat memudahkan perpindahan barang atau jasa dari suatu wilayah ke wilayah lain, seperti jarak yang dekat, aksesibilitas yang mudah, dan biaya transportasi yang murah.

Tinggalkan komentar