Mengapa kita harus menghormati hak orang lain?

Mengapa kita harus menghormati hak orang lain?

Jawaban :

Kita harus menghormati hak asasi orang lain karena hak asasi berkaitan dengan keadilan dan kesejahteraan hidup manusia.

Penjelasan :

Kita harus menghormati hak asasi orang lain karena hak asasi berkaitan dengan keadilan dan kesejahteraan hidup manusia. Jika kita tidak dapat menghormati hak asasi orang lain, maka pasti akan terjadi ketimpangan atau ketidakadilan dalam masyarakat.

Pengertian hak asasi manusia (HAM). Menurut Undang-Undang Nomor 39 tahun 1999, HAM adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Hak itu merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh Negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

Hakikat Hak Asasi Manusia sendiri adalah merupakan upaya menjaga keselamatan eksistensi manusia secara utuh melalui aksi keseimbangan antara kepentingan perseorangan dengan kepentingan umum. Begitu juga upaya menghormati, melindungi, dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia menjadi kewajiban dan tangung jawab bersama antara individu, pemeritah (Aparatur Pemerintahan baik Sipil maupun Militer), dan negara.

Tinggalkan komentar