Faktor utama yang menyebabkan flora dan fauna di negara-negara Asia Tenggara memiliki kemiripan adalah adanya kesamaan

Faktor utama yang menyebabkan flora dan fauna di negara-negara Asia Tenggara  memiliki kemiripan adalah adanya kesamaan…

Jawaban :

Setiap negara di Asia Tenggara ini memiliki ragam flora dan fauna yang hampir mirip. Hal ini terjadi karena iklim yang dimiliki 11 negara ini tidak jauh berbeda.

Penjelasan :

Flora dan fauna di setiap wilayah pasti memiliki keunikan dan perbedaan, termasuk yang ada di Asia Tenggara. Semua flora dan fauna itu bisa berbeda karena adanya banyak faktor persebaran yang memengaruhinya.

Faktor-faktor itu meliputi kondisi cuaca, keadaan alam, dan kemampuan bertahan hidup. Di Asia Tenggara terdapat banyak jenis flora dan fauna yang beragam. Bahkan ada tiga negara di Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Filipina, menjadi wilayah dengan flora fauna paling beragam di dunia.

Selain itu, Asia Tenggara merupakan wilayah dengan sembilan persen burung endemik dan 11 persen spesies mamalia. Jumlah itu menujukan bahwa di Asia Tenggara merupakan wilayah dengan sebaran burung endemik dan mamalia terbesar di dunia.

Selain itu, di Asia Tenggara juga terdapat tanaman berpembuluh endemik, yaitu sekitar 25 persen dari total di dunia. Bahkan di lautan wilayah Asia Tengara juga terdapat trumbu karang dengan luas sekitar 70.000 meter persegi.

Luas itu sudah memenuhi 28 persen dari total terumbu karang yang ada di dunia.Beberapa hewan dan tumbuhan itu pun menjadi ikon bagi beberapa negara di Asia Tenggara.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Setiap negara di Asia Tenggara ini memiliki ragam flora dan fauna yang hampir mirip. Hal ini terjadi karena iklim yang dimiliki 11 negara ini tidak jauh berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.