Bagaimana cara menghormati dan mematuhi guru?

Bagaimana cara menghormati dan mematuhi guru?

Jawaban :

Melaksanakan perintah/intruksi/arahan guru, menyelesaikan tugas yang diberikan tepat waktu dan penuh tanggung jawab , menyapa dengan sopan, mematuhi peraturan di kelas, tidak membuat gaduh dihadapan guru, serta memberi ucapan terima kasih.

Penjelasan :

Ada banyak cara untuk menghormati dan mematuhi guru, diantaranya yaitu :
1. Melaksanakan perintah/intruksi/arahan guru
Perintah dan arahan guru sangatlah penting dalam rangka pendidikan anak. Oleh karenanya, untuk mematuhi dan menghormati guru maka caranya adalah melaksanakan segala perintah guru yang berhubungan dengan pendidikan dan materi pelajaran.
2. Menyelesaikan tugas yang diberikan tepat waktu dan penuh tanggung jawab
Ketika guru memberikan tugas, maka sebagai anak didik, kita perlu mengupayakan dengan semua potensi yang ada untuk menyelesaikannya tepat waktu dan penuh tanggung jawab.
3. Menyapa dengan sopan
Cara menghormati dan mematuhi guru selanjutnya adalah dengan bertutur sapa secara sopan kepada para guru ketika bertemu atau berbicara dengan guru di manapun tempatnya. Tunjukkanlah sikap yang sopan dan penuh hormat, sapalah guru anda duluan perkenalkan diri lebih dahulu, jabat tangannya dan jika perlu cium untuk menunjukkan rasa hormat.
4. Mematuhi peraturan di kelas
Cara untuk menghormati dan mematuhi guru adalah dengan mematuhi segala peraturan yang ada di sekolah dan di kelas. Saat berada di dalam kelas, hal paling penting yang dapat dilakukan anak untuk menunjukkan rasa hormat adalah dengan menjaga kesopanan dan taat peraturan.
5. Tidak membuat gaduh dihadapan guru
Ketika guru sedang menyampaikan sesuatu di depan kelas, maka dengarkanlah dengan seksama dan tidak mengobrol dengan teman di samping. Dengan begitu, kita sudah menghormati guru yang sedang berbicara di depan.
6. Memberi ucapan terima kasih
Salah satu bentuk sederhana menghormati guru adalah dengan memberikan ucapan terimakasih. Hal ini bisa ditunjukkan oleh para siswa pada waktu-waktu tertentu agar siswa juga bisa lebih akrab kepada para guru.

Jadi, cara menghormati dan menghargai guru adalah dengan melaksanakan perintah/intruksi/arahan guru, menyelesaikan tugas yang diberikan tepat waktu dan penuh tanggung jawab , menyapa dengan sopan, mematuhi peraturan di kelas, tidak membuat gaduh dihadapan guru, serta memberi ucapan terima kasih.

Check Also

Untuk mendamaikan pertikaian di Kamboja, Indonesia menggagas terbentuknya

Untuk mendamaikan pertikaian di Kamboja, Indonesia menggagas terbentuknya …. A. Jakarta Informal Meeting B. Pasukan …