Sebutkan 4 cara mudah menentukan/membuat paragraph deduktif!

Sebutkan 4 cara mudah menentukan/membuat paragraph deduktif!

Jawaban :

Langkah-langkah membuat paragraf deduktif dapat diawali dengan menentukan tema, membuat kerangka teks, meletakkan gagasan utama pada awal paragraf, mengembangkan paragraf tersebut berdasarkan gagasan utama.

Pembahasan :

Paragraf adalah bagian dalam suatu karangan yang mengandung satu ide pokok.

Salah satu jenis paragraf adalah paragraf deduktif. Paragraf deduktif merupakan paragraf yang gagasan utamanya dapat ditemukan pada awal paragraf dan selanjutnya dijelaskan oleh kalimat-kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama. Singkatnya paragraf deduktif membahas mulai dari hal yang umum ke yang khusus.
Contoh:
Banyak sekali manfaat yang diperoleh jika kita membaca buku. Membaca buku dapat menambah wawasan mengenai apa pun yang terjadi, melatih otak untuk berpikir kritis, meningkatkan daya ingat, dan dapat mengurangi stres.
Gagasan utama dalam paragraf tersebut adalah manfaat membaca buku. Paragraf tersebut membahas hal yang umum (manfaat membaca buku) ke hal yang khusus (perincian manfaat membaca buku).

Langkah-langkah membuat paragraf deduktif adalah sebagai berikut.
1. Menentukan tema yang ingin ditulis.
2. Mencoba membuat kerangka teks.
3. Letakkan gagasan utama pada awal paragraf.
4. Kembangkan paragraf tersebut berdasarkan gagasan utama.

Dengan demikian, langkah-langkah membuat paragraf deduktif dapat diawali dengan menentukan tema, membuat kerangka teks, meletakkan gagasan utama pada awal paragraf, mengembangkan paragraf tersebut berdasarkan gagasan utama.

Check Also

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas adalah

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas …