Perlengkapan Safety Riding Touring Yang Wajib Digunakan

Perlengkapan Safety Riding Touring – Touring merupakan kegiatan yang sangat digemari oleh para bikers, apalagi sekarang ini banyak sekali club atau komunitas motor yang berdiri di daerah membuat kegiatan touring ini semakin banyak digemari. Bahkan hampir setiap tahun setiap komunitas motor tidak pernah absen melakukan touring, baik itu untuk kegiatan Kopdar atau even motor lainnya.

Namun yang cukup disayangkan, masih banyak bikers yang masih kurang paham terkait perlengkapan safety riding yang digunakan. Sehingga ketika saat melakukan kegiatan touring pun menggunakan perlengkapan atau atribut seadanya dan tidak sedikit juga yang masih jauh dari kata safety. Padahal aturan mengenai penerapan Safety Riding sudah di atur dalam UU No 22 Tahun 2009.

6 Perlengkapan Safety Riding Touring

Dari aturan tersebut, ada beberapa Pelengkapan Safety Riding yang sifatnya wajib untuk digunakan dan ada juga yang sifatnya anjuran. Misalkan saja untuk helm merupakan perlengkapan berkendara yang sifatnya wajib untuk digunakan, agar lebih jelasnya berikut ini Pelengkapan Safety Riding yang wajib digunakan ketika ingin melakukan touring.

Helm (Pelindung Kepala)

Perlengkapan Safety Riding pertama yang wajib digunakan oleh setiap pengendara yaitu pelindung kepala atau yang sering kita sebut dengan Helm. Adapun untuk fungsi dari Helm yaitu untuk melindungi kepala dari benturan yang fatal karena kepala merupakan pusat dari sistem kerja manusia. Kemudian untuk Kriteria Helm yang wajib dipakai yaitu sudah berstandar SNELL/DOT/SNI, sedangkan untuk model helm bisa menggunakan apa saja yang sudah memenuhi ketiga standar tersebut.

Celana Panjang

Perlengkapan Safety Riding kedua yang sangat di rekomendasikan untuk digunakan saat mengendarai motor khususnya pada saat berkendara jarak jauh atau touring yaitu Celana Panjang. Yang mana celana panjang tersebut berfungsi untuk melindungi cidera pada kaki ketika terjatuh, selain itu dengan menggunakan celana panjang juga bisa meredam dinginnya hembusan angin. Dan usahakan jenis celana panjang yang digunakan yaitu yang tidak mudah sobek dan malahan sekarang sudah banyak celana panjang dengan model waterfoof.

Jaket

Perlengkapan Safety Riding ketiga yang juga wajib digunakan ketika ingin melakukan Touring yaitu Jaket. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Fungsi Jaket yaitu untuk menghalau hembusan air atau angin langsung pada tubuh kita. Sebab jika terlalu sering terkena angin khususnya angin malam bisa mengganggu kesehatan tubuh kita khususnya pada bagian dalam. Adapun Tips Memilih Jaket Riding yaitu jangan yang mudah sobek kalau bisa yang sudah waterfoof.

Sarung Tangan (Glova)

Selain ketiga perlengkapan yang kami sebutkan diatas, Perlengkapan Safety Riding yang sangat cocok untuk digunakan pada saat touring yaitu sarung tangan. Meskipun ukurannya kecil, akan tetapi sarung tangan memiliki fungsi yang cukup banyak. Selain untuk mengurangi resiko luka ketika jatuh, sarung tangan juga mampu menutupi kulit kita dari sengatan matahari secara langsung sehingga kulit kita tetap putih dan tidak belang.

Masker

Seiring berjalannya waktu, yang mana kondisi udara di sekitar kita sudah tidak kondusif lagi. Maka masker pun menjadi Perlengkapan Safety Riding yang perlu digunakan pada saat kita berkendara dengan motor. Karena fungsi dari masker yaitu untuk memfilter udara yang kita hirup selama berkendara, jadi dengan menggunakan masker udara yang kita hirup dan salurkan ke paru paru hanya udara yang bersih dan sehat saja. Tapi yang perlu diketahui, gunakanlah masker yang tidak menganggu pernapasan kita saat berkendara.

Sepatu Touring

Perlengkapan Safety Riding terakhir yang juga tidak kalah penting untuk kita gunakan yaitu sepatu touring. Seperti halnya perlengkapan lainnya, Sepatu Touring ini berfungsi untuk melindungi bagian kaki dari resiko cidera. Dan dari segi penampilan pun, bikers yang menggunakan sepatu akan terlihat lebih keren. Adapun untuk Harga Sepatu Touring sangat variatif, murah atau mahalnya tergantung bahan yang digunakan.

Mungkin itu saja yang bisa kami informasikan atau kami sharing kepada sobat terkait Perlengkapan Safety Riding Touring yang sangat kami rekomendasikan untuk digunakan ketika anda ingin melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan sepeda motor. Dan jika melihat dari Fungsi Perlengkapan Safety Riding yang kami sebutkan diatas, inti dari digunakannya perlengkapan safety riding ini tidak lain untuk memberikan keamanan dan keselamatan bagi bikers itu sendiri.

Hanya sekedar informasi tambahan saja, selain menyiapkan Perlengkapan Safety Riding yang digunakan oleh bikers. Pada saat ingin melakukan touring, jangan lupa juga untuk menyiapkan surat surat kendaraan bermotor. Atau juga untuk sobat yang sering melakukan perjalanan touring dengan waktu yang cukup lama, bisa menambahkan beberapa Aksesoris Motor untuk memudahkan sobat ketika melakukan perjalanan seperti Box Motor atau juga Aksesoris Keamanan Motor yang lainnya.

Sekian yang Solderpanas sampaikan dan terimakasih.

Tinggalkan komentar