Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Warna TV CRT

Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Warna TV CRT

Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Warna TV CRT – Antara kerusakan lain. Pada blok bagian warna TV CRT mempunyai permasalahn paling banyak di temui setelah cacat pada tampilan vertikal atau horizontal. Karena itu teknik analisi pada pengetahuan dasar sangat penting untuk bekal nantinya terjun ke perangkat TV CRT secara langsung terutama di kerusakan warna.

TV CRT mempunyai sistem waran dengan titik bisa dengan manfaatkan tiga warna primer yakni RED, GREEN, dan BLUE atau RGB. Ada beberapa blok dalam rangakaian RGB, berikut adalah beberpa bagian yang dimaksud berdasar gejala yang di timbulkan oleh TV.

Tapi sebelum itu saya menganjurkan supaya rekan memahami bagian blok pemproses warna.

Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Warna TV CRT

Berikut beberapa kerusakan yang sering terjadi :

Gambar Menampilkan Salah Satu Warna Yang Dominan

Gejalanya ketika penampilan gambar, warna cenderung monoton atau satu warna. Ini biasanya karena penyetelan white balance yang tidak sempurna atau bisa juga karena kerusakan di salah satu output dari demodulasi warna.

Cara Mengatasinya:

Dengan salah satu warna yang lebih dominan pada layar itu berarti bahwa ada tegangan katoda CRT yang menurun. Karena penguat RGB salah satunya tidak bekerja. Tidak bekerjanya penguat RGB bisa saja karenakan tidak ada signal yang masukan dari matrix. Atau salah satu katoda ada yang mengalami short sama screen.

Raster berwarna pada salah satu warna dominan.

Periksa demodulator atau transistor penguat di rangkaian blok RGB. Periksa resistor pembatas tegangan 180V yang biasanya short atau putus. Coba cek output dari IC croma di sekitar 2,5volt DC. Dan Periksa soket.

Periksa pada salah satu katoda apakah ada yang mengalami short sama pin screen atau grid.

Tidak ada salah satu warna gambar

Gejalanya: Salah satu warna primer pada gambar tidak muncul, hal ini karena salah satu penguat warna RGB out rusak.

Cara mengatasinya:

Periksa transistor yang bekerja untuk penguat RGB secara pasive atau (tanpa tegangan). Jika kondisinya masih baik lanjutkan dengan mengukur tegangan BIAS transistor khususnya Vbe (volt basis emitor) wajib sebesar 0,7V.

Gambar tidak ada warna

Gejalanya ada dua. Pertama mungki gambar menjadi hitam putih walau pesawat menerima siaran yang berwarna. Ke dua gambar monokromatik hitam putih dengan warna yang sangat tipis. Penyebab gangguan ini karena signal monokrominan tidak bisa di proses sampai ke bagian matrix RGB. Atau bisa juga osciltor 4,43MHz tidak bekerja membuat proses demodulator warna tidak bisa bekerja.

Cara mengatasinya:

  • Metode memeriksa bagian penguat band pass:

Pakai oscilacope untuk melacak signal Burst dari Output Band Pass Filter (BPF) atau ukur input dari bagian pemproses warna croma di IC pemproses warna.

Bila signal Brust pada input croma tidak ketemu, coba atur kembali fine tuning di tuner dengan tepat. Dan jika ternyata signal Brust bisa di tempilkan pada oscilacope. Artinya kerusakan terletak pada IC pemproses warna khususnya di bagian pemproses Chroma. Lebih baik ganti IC Chroma dengan yang baru.

Jika pemeriksaan signal brust sampai bagian croma normal, lanjutkan pengukuran ke bagian output IC croma yakni berupa signal U dan V. Sesuaikan gelombang output croma dengan skema servis manual. Bila output chroma normal, mungkin terjadi kerusakan di bagian matrix warna. Ganti dengan IC matrix yang baru.

Untuk mengetahui output matrix bekerja atau tidak bisa dengan mengukur langsung pada pin IC Matrix sebagai output RGB. Biasanya memiliki tegangan DC sebesar kurang lebih 2,5V. Jika tegangan tidak berarti IC Matrix rusak. (sekarang disebut IC croma)

Kemungkinan lainya untuk mencari kerusakan di bagian warna bisa dengan mengukur output oscilator lokal pada bagian pemproses warna yang berukuran 4,43MHz. Wajib ada dengan bentuk sinusa. Jika oscilator 4,43MHz tidak bisa di hasilkan maka rangkaian pemproses warna tidak bisa bekerja karena tidak terjadi proses switching sebagai pemisahan signal U dan V.

Kata Penutup

Itu yang solderpanas sampaikan tentang Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Warna TV CRT. Jika bermanfaat silahkan bagikan dan terimakasih.

Check Also

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak bermunculan produk-produk elektronik baru yang tentunya sudah semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published.