Memperbaiki TV China Layar Gelap Suara Normal

Memperbaiki TV China Layar Gelap Suara Normal

Memperbaiki TV China Layar Gelap Suara Normal – Sedikit teringat tentang TV layar gelap tapi suaranya normal. Dulu ini sangat sulit dipahami untuk saya sebagai seorang pemula di dunia reparasi TV. Hingga akhirnya setelah menemukan beberapa kerusakan yang sama layar gelap tapi suara normal itu menjadi petokan saat menemuksn kerusakan berikutnya. Pertama kali berhasilna setelah beberapa kali pernah gagal. Menemui titik terang untuk menjadi landasan dan membentuk pola pikir ketika mengatasi TV layar gelap tapi suara normal.

TV China Layar Gelap Suara Normal

Sebenarnya pada beberapa kerusakan mempunyai ciri ciri gejala yang berbeda beda. Meski layarnya gelap tapi setelah di periksa seksama kadang heater nyala tapi layarnya gelap. Berbeda saat menemukan kerusakan yang jelas heater mati, itu hal yang paling mudah untuk dipahami.

TV layar gelap heater tidak nyala

Saya mendapat TV China rusak dengan gejala layarnya gelap heater tidak nyala. Heater tidak nyala yang harus dicuriagai yaitu sistem flyback dan heater itu sendiri. Dalam sistem flyback terdapat beberapa kemungkinan antara supply B+115V atau ada kerusakan pada supply heater.

Pada proses pemeriksaan ada kerusakan pada jalur supply heater dengan masalah tidak adanya tegangan. Periksa bagian resistor masih normal. Bagian heater masih nyambung dengan resistensi juga normal.

Sebelum saya memutuskan kerusakan di bagian flyback saya juga periksa pada tegangan video seharusnya 150V ternyata hanya 130V. Ini terdapat indikasi B+115V mengalami drop.

Dan benar secara fisik elco pada B+ sudah menggembung. Seolah mengingat ingatan lama saya tentang kerusakan pada TV China dengan gejala layar gelap dan heater tidak nyala.

Jika rekan mengalami gejala yang sama, ini dapat menjadi pola pikir dasar ketika menganalisa kerusakan pada TV China merek mesin wcom.

Baca Juga :  Cara Perbaiki TV Polytron Yang Mati Total

Caranya dengan melihat heater menyala atau tidak, lalu baru periksa tegangan video dan heater.

Jika output dari flyback bermasalah itu karena supply nya bermasalah. Tentu kadang kerusakan ini hanya dapat ditemukan khususnya pada TV China dengan model wcom.

TV layar gelap heaternya nyala

Kasus yang lain layar gelap tapi suaranya normal pada TV China kamuflase kerusakan. Dimana layar gelap tapi heater nyala. Setelah di periksa tegangan hetar atau video, ternyata normal. ternyata kerusakan ada pada blok vertikal. Saat screen flyback dinaikkan pada layar muncul garis mendatar.

Kamuflase ini meski sudah dipahami rekan yang sedang belajar memperbaiki TV China. Kadang apa yang kita lihat nyata kemungkinan kerusakkan pada bagian yang berbeda.

Garis horizontal di tengah layar tidak terlihat jika kontras TV rendah dan tegangan screen turun. Maka penting saat menemukan kerusakan layar gelap tapi suara normal untuk menaikkan trimpo TV pada screen flyback.

Jadi saat menemukan kerusakan pada TV China dengan gejala heater nyala tapi layar gelap. Dapat di lakukan langkah sederhana yakni dengan menaikkan adjuster screen flyback. Jika kerusakan tegangan video dapat menyebabkan layar menjadi gelap. Atau hal sepele karen kerusakan soket CRT.

Demikian informasi tentang Memperbaiki TV China Layar Gelap Suara Normal, sekian dan terimakasih.