TV LG Suara Kadang Besar Sendiri LV1116N

TV LG Suara Kadang Besar Sendiri LV1116N

TV LG Suara Kadang Besar Sendiri (LV1116N) – Saat pertama kali di nyalakan TV menyala normal, tapi setelah beberapa waktu kemudian suara tiba tiba langsung besar sendiri. Pemilik TV LG ini, biasanya saat TVnya kumat langsung mematikan beberapa saat kemudian baru kemudian normal lagi.

TV LG Suara Kadang Besar Sendiri LV1116N

Bagi saya hal ini adalah hal baru yang belum pernah saya alami. Jadi saya hanya menebak apa yang sebenarnya terjadi.

Penanganan TV

TV saya buka dan saya bersihkan dari kotor. Lalu saya mulai mengamati komponen dan solderannya. Ternyata saya memnemukan bahwa TV ini dulu perlah bermasalah pada audio. Terbukti dengan adanya solder ulang di blok audio. Yaitu IC amplifier dan IC control LV1116 N.

Karena semua tegangan normal pada IC control terukur 9V audio normal. Akhirnya saya menemukan masalah yang sama di internet pada beberapa web. Permasalahan ini mengarah ke IC control LV1116.

Saya memutuskan mencari sperpart tersebut, tapi ternyata di daerah saya tidak ada yang menjualnya.

Jalan keluar dari permasalahan TV ini yaitu dengan mengganti IC dengan sistem jumper. Yaitu dengan mematikan IC control yang menju output dari IC CPU langsung ke amplifier. Hasilnya TV tidak dapat di kontol dengan program volume. Meski volume sudah di kecilkan suara akan masih tinggi.

Akhirnya IC kontrol saya ganti dengan potensio meter biasa. hasilnya volume TV LG memakai sistem manual.

Jika tidak begitu bagaimana lagi karena IC sulit di dapat.

Karena pemilik setuju kasus TV LG ini akhirnya selesai dengan mengganti IC kontrol dengan potensio meter manual.

Jadi IC kontrol LV116 berfungsi sebagai tone kontrol sehingga saat IC ini bermasalah suara tiba tiba akan membesar sendiri bahkan kadang muncul desis padahal ketika mode AV bukan RF. Karena IC ini sulit di dapat jalan terahirnya denga mengganti dengan potensio. Dengan cara menjumper output audio IC jungle ke input ampli dengan potensio membuat pengaturan volume menjadi manual.

Artikel ini hanya untuk refrensi saja, untuk solusi kadang berbeda dengan gejala yang sama.

Kata Penutup

Demikian tentang TV LG Suara Kadang Besar Sendiri, sekian dan terimakasih.

Check Also

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Biasanya, penyebab layar tv bergaris secara horizontal dikarenakan pada bagian vertikal televisi tersebut telah mengalami …