Aplikasi Android Cek SPL Dan RTA Sound Sistem

Aplikasi Android Cek SPL Dan RTA Sound Sistem

Aplikasi Android Cek SPL Dan RTA Sound Sistem – Kali ini saya menulis tentang sebuah aplikasi Android untuk memeriksa SPL dan RTA Sound Sistem.

Mungkin sebagian rekan rekan belum tau ada aplikasi sederhana yang memakai system android. Sistem kerja dari aplikasi ini yaitu mengambil izin untuk menggunaan microphone. Jadi untuk di jadikan monitor frekuensi memakai handphone yang mempunyai microfone yang baik.

Aplikasi Android Cek SPL Dan RTA Sound Sistem

Aplikasi ini penting bagi penyuka audio yang ingin tau berbagai karakter dan kekuatan dari power amplifier. Terutama ketika testing, melakukan perbandingan, mengadakan modfikasi dan lainnya. Bukan hanya mengandalkan telinga saja tapi juga mengukur kekuatan dari nilai angka. Apakah ada peningkata stagnan pada SPL yang di hasilkan speaker.

Aplikasi JBL Tools

Aplikasi JBL Tools sangat sebaguna untuk menghitung ukuran yang di butuhkan dalam sistem audio sound sistem. Salah satu fitur pentingnya adalah memerisa SPL dan RTA. Meski untuk keakuratan belum memiliki standar yang sesuai dengan alat ukur aslinya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pakai perangkat yang sama karena berbeda HP akan berbeda kualitas mic yang dipakai.

Oleh karena itu ketika ingin memeriksa sound dengan aplikasi ini pastikan lagu sama dan HP yang di pakai sama supaya perbandingan bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan akurat.

Berikut beberapa Fitur yang ada di aplikasi JBLTools

  1. Speaker

Fitur ini dapat kita pakai untuk membuat sebuah box speaker. Untuk menghitung Volume antara tinggi, panjang dan lebar untuk berbagai model kotak, ovale, panjang, dan persegi. Ini mungkin akan cocok di pakai oleh box audio mobil.

  1. Calculation (Perhitungan)

Tersedia juga berbagai kalkulator untuk menghitung tuning frequency, daya ampli, wavelength, duct, sensitivity, dan ohms law. Ini berhubungan dengan penyesuaian ukuran box speaker dan karakter speaker yang di pakai.

  1. Polarty checher (Pemeriksaan polaritas)

Ini akan berguna untuk memeriksa polaritas sebuah speaker. Tapi untuk masalah keakuratnya belum pasti karena aplikasi ini mengandalkan microphone saja. Mungkin perlu review pemakaian pada fitur polarty. Ketika saya mencoba sendiri pada polaritas yang di balik ternyata hasilnya akurat. Mungkin rekan rekan semunaya bisa mereviewnya apakah akurat atau tidak.

  1. SPL (Sound Pressure Level)

SPL meter biasanya digunakan untuk mengukur besaran kekuatan yang di hasilkan sebuah speaker dalam ukuran DB. Ini sangat berguna terutama yang hobi merakit ampli dan dapat untuk perbandingan. Misalnya merakit SOCL 504 di TEF dan tidak, pasti ada perbedaan SPL atau RTA.

Pada mode SPL akan di dapat kekuatan maksimal dari keluaran suara speaker jika ingin mengulanginya bisa dengan klik reset ulang.

  1. RTA (Real Time Analizer)

RTA ini berguna untuk mengenali respon frekuensi yang di keluarkan oleh loudspeaker. Misal rekan sedang membunyikan sebuah lagu maka RTA akan selalu responsif melakukan monitor frekuensi yang di keluarkan.

Dalam fitur ini kita dapat mengenali frekuensi dari 20hz hingga 20kh. Dengan melihat RTA kita bisa mengenal berbagai karakter dari rendah (LOW) sampai tinggi (hight). Dengan membunyikan ping nois kita akan dapat frekuensi yang di kehendaki misalnya setting EQ.

  1. Waveform (Bentuk Gelombang)

Fungsinya yairu melihat bentuk gelombang suara dengan grafik gelombang akan berubah mengikuti suara. Satuan yang di pakai pada grafik tertulis dengan Ms.

Jadi aplikasi ini digunakan untuk sebagai monitor frekuensi dan untuk menghitung yang berhubungan dengan audio. Aplikasi JBL tools bukan di pertuntukan bagi pengguana JBL saja bisa juga di pakai untuk berbagai keperluan.

Akhir Kata

Itu saja tentangAplikasi Android Cek SPL Dan RTA Sound Sistem sekian dan terimakasih

 

Check Also

Cara Menambah TEF SOCL 504

Cara Menambah TEF SOCL 504

Cara Menambah TEF SOCL 504 – Kali ini saya akan memberi taukan cara menambah driver …