Perbedaan Amplifier Memakai Tef Dan Tidak

Perbedaan Amplifier Memakai Tef Dan Tidak

Perbedaan Amplifier Memakai Tef Dan Tidak – Sebelum rekan memasangkan TEF pada sebuah driver power Amplifier pasti ingin tahu apa perbedaan memakai dan tidak. saya pikir itu penting karena dalam hal ini tidak menjadi sia sia saat ingin menambah TEF pada power amplifier yang kita pakai.

TEF biasanya di pakai untuk menambahkan kekuatan sinyal yang menuju basis transistor final di jenis OCL. Barang kali itu SOCL504, SOCL506, OCL150 dan Sejenisnya.

Menambah transistor TEF diperuntukan untuk yang mempunyai transistor final lebih dari 2 dan mempunyai daya yang Besar pada power supply nya. Jadi jika tidak mempunyai kriteria ini sayang untuk menambahkan TEF, hanya menambah biaya dan kadang komponen transistor final bisa jebol karena kebanyakkan sinyal dari driver.

Perbedaan Amplifier Memakai Tef Dan Tidak

Perbedaannya

Menambahkan TEF pada driver bisa mengubah karakter driver yang di pakai. Suara yang dihasilkan akan lebih kasar dan lebih condong ke nada midle. Akan lebih empuk saat memakai skema originalnya. Tentu ini pendapat dan masing masing selera tentang percobaan ini. Bisa juga pengaruh driver yang tidak cocok jika di beri TEF.

Pada speaker kecil memang tidak cocok di berikan power TEF, terlebih lagi hanya berukuran 8 hingga 10 inci untuk menangani bass.

Disini saya sedikit memberikan hasil dari memakai TEF pada SOCL 504. Karakter yang di hasilkan, dan cocok tidaknya dengan speaker.

Kebutuhan rumahan saya rasa memakai speaker 12 inci daya max 300W ternyata lebih enak tanpa tef, artikulasi jelas dan empuk. Kemudian saya mencoba memakai TEF ternyata speaker 12 inci lebih condong ke suara bass yang kasar berlebih. Membuat membaran speaker tidak dapat menghasilkan artikulasi suara yang di mau. Power yang ditambahkan TEF tambah memang lebih galak.

Pada speaker 15 inci untuk midlow memang cocok memakai TEF. Sedangkan bagi 12 inci lebih enak di pakai untuk mid, tapi kurang cocok untuk rumahan yang nadanya lebih empuk. Mungkin ini akan cocok dengan model speaker lapangan.

Tapi bagi rekan yang suka mencoba coba ini wajib dicoba untuk membuktika sendiri.

Kesimpulan

Kesimpulanya Antara memakai TEF dan tidak, ada perbedaanya yakni menambah sinyal dari driver untuk transistor final yang lebih kuat dan cocok di pakai untuk supply spreaker 15 inci keatas. Tergantung juga daya power supply yang di pakai. Kombinasi power supply daya besar dan TEF jauh lebih efektif supaya suara yang dihasilkan lebih mantap dan berartikulasi. Ini berhubungan dengan kecocokan daya speaker dan speaker.

Pasti terdapat perbedaan pendapat untuk ini, karena setiap komponen driver mempunyai perbedaan antara resistor dan kualitas transistor yang di pakai. karena frekuensi akan bergantung dengan kualitas komponen yang dipakai.

Kata Penutup

Itu saja tentang Perbedaan Amplifier Memakai Tef Dan Tidak, sekian dan terimakasih.

Check Also

Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA

Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA

Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA – Output amplifier TOA ada fitur 100V. Apakah kegunaan …