Mengatasi Tv Sharp Universe 14u25 Mati Total

Mengatasi Tv Sharp Universe 14u25 Mati Total

Mengatasi Tv Sharp Universe 14u25 Mati Total – Sekian lama tidak bertemu dengan servisan TV SHARP. Tapi kadang saya kesulitan saat menemukan servisan TV SHARP. Kali ini saya mendapatkan TV SHARP UNIVERSE 14U25 yang mati total. Tidak ada tanda tanda kehidupan dari TV ini. Bahkan lampu indikator juga tidak menyala.

Pikiran saya sudah menebak mudah mudahan TV SHARP ini mati hanya dengan kerusakan di area regulatornya saja. Karena saya lumayan ngeri jika kerusakan sampai titik protek.

Karena lebih repot jika TV ang mati total saat sudah bisa menyala, kerusakan TV malah merambah ke titik protek. Pengerjaan akan memakan waktu yang lumayan lama. Terlebih lagi ini servis paggilan. Jika jadinya lebih dari satu kali servis akan rugi.

Mengatasi Tv Sharp Universe 14u25 Mati Total

Cara Memperbaiki

Pertama yang saya ukur yaitu bagian elco besar dibagian power supply. Ini untuk memastikan tidak ada muatan yang tersimpan di elco 400V. Ternyata elco masih menyimpan muatan cukup besar sekitar 200V. Untuk itu, Perlu membuang muatan dengan cara memakai charger HP. Saya tidak mengshort kedua kaki elco karena biasanya jika di short secara langsung akan merusak komponen sekitarnya terutama pada IC STR dan transistor.

Power supply TV SHARP universe ini masih menyimpan tegangan yang berarti ada komponen putus di jalur positif elco. Terutama resistor, periksa dari urutan di jalur kaki plus elco, periksa satu persatu ternyata normal semua.

Kesimpulan terakhir saat tidak ada jalur plus elco yang putus, saya memutuskan mengganti IC STR F6653. Seperti pengalaman sebelumnya, jika resistor jalur plus (+) tidak ada yang molor atau putus elco pasti tidak akan menyimpan muatan. Bila masih menyimpan muatan, berarti IC telah mati sehingga muatan tidak terbuang saat TV telah mati.

IC saya ganti yang baru, lalu TV coba saya nyalakan, dengan transistor horizontal yang tidak saya pasang karena takut ada kerusakan yang lebih parah. TV bisa menyala tapi protek. Mungkin karena transistor horizontal tidak saya pasang.

Sata tes lagi dengan transistor yang saya pasang, TV neyala normal tanpa ada cacat sedikitpun dan tidak protek.

Kali ini tidak ada hambatan yang berarti ketika servis panggilan kali ini kebetulan juga sekali saya mempunyai stok IC STR F6653 dan F6654 saya memakai F6654. Dengan seri yang lebih tinggi bisa jadi lebih awet. Kerusakan TV SHARP unvierse yang mati total ini ahirnya tertangani dengan mudah.

Kata Penutup

Itu saja tentang Mengatasi Tv Sharp Universe 14u25 Mati Total, sekian dan terimakasih.

Check Also

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Biasanya, penyebab layar tv bergaris secara horizontal dikarenakan pada bagian vertikal televisi tersebut telah mengalami …