Tv Polytron Minimax 14 In Standby Tak Bisa Star

Tv Polytron Minimax 14 In Standby Tak Bisa Star

Tv Polytron Minimax 14 In Standby Tak Bisa Star – Polytron memang produsen terbesar TV CRT tidak heran bila TV merek ini beredar banyak di pasaran. Karena itu kebanyakan servisan di dominasi produk ini.

Tv Polytron Minimax 14 In Standby Tak Bisa Star

Kali ini saya mendapat servisan TV Polytron minimax ukuran 14 inc yang mengalami standby yang tidak dapat start.

Penanganan

Kondisi ini sangat memperihatinkan karena sudah sekian lama tidak terpakai, part didalamnya sudah berkorosi. Sehingga sangat rentan dengan komponen pasif seperti resistor dan kaki kaki komponen yang lain.

Ketika pengukuran pertama kali, terukur b+115V mengalami penurunan sampai 60V. Mencoba menyalakan TV tapi tidak ada respon apapun.

Kemudian saya mencoba melepas transistor C6093. Pengukuran pada transistor ini tidak ada tanda tanda kerusakan.

TV coba saya start TV ini ahirnya mau start, trukur B+ normal 115V. Tapi kemudian TV kembali standby.

Percobaan menyalakan berulang berkali kali tanpa memasang transistor horizontal dan defleksi Yoke. Sampai akhirnya TV mengalami kelainan yakni flyback berderik dan lampu indikatoer berkedip. Bersamaan dengan itu terjadi tegangan b+ 115V mengalami drop menjadi 20V. Ini berarti kerusakan terjadi pada flyback.

Sayangnya no seri pada flyback sudah hilang. Ahirnya saya mencari di internet. Karena TV minimax ternyata sudah memakai supply vertikal dari flyback yakni 12-12+. Ini dapat memakai flyback Polytron apapun yang terpenting kakinya sama.

Mencari kesana kemari ahirnya saya menemukan flyback seri JF 0501-19577 yang kakinya sama dengan PCB kaki flyback Yaitu:

Baca Juga :  Persamaan IC Vertikal TV 78141

C, B+115V, GND, NC, 185V, H, 25V, ABL, +12, -12

Persamaan FCM 20B601N

Karena yang saya temukan di toko terdekat seri jf 050 berarti tidak perlu mengubah kakinya sama sekali. Flyback ini biasanya di pakai untuk TV ukuran 21 inc tapi di pakai pada ukuran TV yang lebih kecil tidak masalah.

Kemudian saya mengganti flyback dengan yang baru. TV bisa menyala sebentar lalu standby. Ini berarti protek. Karena tegangan ketika start terukur normal. Langsung saya mengganti elco 1 uf pada area vertikal.

Kemudian TV kembali normal dan tidak standby lagi.

Sampai sekarang TV itu tidak kambuh lagi meski sebagian komponen sudah berkarat.

Kata Penutup

Itu saja tentang Tv Polytron Minimax 14 In Standby Tak Bisa Star, sekian dan terimakasih.