Kondisi geografi pulau sumatra

Kondisi geografi pulau sumatra…

Jawaban :

Pulau Sumatera berada di sebelah barat Indonesia. Pulau ini berbatasan sebelah timur dengan Selat Karimata, sebelah selatan berbatasan dengan Selat Sunda, sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia, dan sebelah utara berbatasan dengan Teluk Benggala.

Pantai Timur Pulau Sumatera merupakan hasil endapan alluvial yang luas. Endapan ini terjadi karena adanya proses pengangkatan daratan pada wilayah Paparan Sunda. Sebelah barat Pulau Sumatera, merupakan jajaran Pegunungan Bukit Barisan. Pada jajaran pegunungan ini, terdapat beberapa Gunung Berapi yang aktif. Pada Pulau Sumatera terdapat juga bentukan alam berupa sesar raksasa atau gawir sesar yang bernama Sesar Semangko.

Pada jajaran Pegunungan Bukit Barisan tersebut, terdapat hutan hujan tropis yang luas. Pulau Sumatera merupakan wilayah yang beriklim hutan hujan tropis. Di Pulau Sumatera terdapat Danau Terbesar di Indonesia yang terbentuk sebagai aktivitas dari tektonik dan vulkanik, yakni Danau Toba yang terdapat di Provinsi Sumatera Utara.

Check Also

Sebutkan ada berapa yang mempengaruhi kenberagaman yang ada di negara kita, indonesia ?

Sebutkan ada berapa yang mempengaruhi kenberagaman yang ada di negara kita, indonesia ? Jawaban : …