3 Bentuk kerja sama dan Peran Indonesia dalam hubungan kerja sama dengan negara di Asia Tenggara

3 Bentuk kerja sama dan Peran Indonesia dalam hubungan kerja sama dengan negara di Asia Tenggara…

Jawaban :

Salah satu peranan negara Indonesia di lingkungan Asia Tenggara adalah sebagai pelopor berdirinya kerjasama regional di Asia Tenggara, yaitu ASEAN. ASEAN merupakan kerja sama regional negara- negara di lingkungan Asia Tenggara dalam bidang ekonomi, politik, sosial, budaya dan juga keamanan. Peran Indonesia dalam hubungan kerja sama dengan negara di Asia Tenggara : 1. Indonesian mengirimkan bantuan kepada negara Asean lainnya. 2. Indonesian sebagai pelopor berdiri Asean. 3. Menyelesaikan berbagai konflik yang dialami oleh negara-negara anggota ASEAN.

Penjelasan :

1. Mempelopori berdirinya ASEAN
Salah satu peranan negara Indonesia di lingkungan Asia Tenggara adalah sebagai pelopor berdirinya kerjasama regional di Asia Tenggara, yaitu ASEAN. ASEAN merupakan kerja sama regional negara- negara di lingkungan Asia Tenggara dalam bidang ekonomi, politik, sosial, budaya dan juga keamanan.

2. Sebagai Perantara perundingan damai
Di Asia Tenggara Indonesia juga berperan sebagai negara yang merupakan perantara perundingan damai.

3. Memberikan fasilitas kepada pengungsi
Peranan lain yang dilakukan oleh Indonesia adalah bantuannya terhadap masyarakat yang terkena bencana di kawasan Asia Tenggara.

4. Membentuk komunitas keamanan
Indonesia juga menjadi salah satu negara pembentuk Komunitas Keamanan ASEAN. Tujuan komunitas ini dibentuk untuk menanggulangi tindak kejahatan atau kriminal dan juga kekerasan.

5. Penyelenggara KTT ASEAN yang pertama
Salah satu peranan penting yang dilakukan Indonesia lainnya adalah sebagai penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN yang pertama kalinya. KTT ini dilakukan di Bali.

6. Ikut aktif dalam menjalin hubungan ASEAN dengan negara maju
Selain aktivitas di dalam, Indonesia juga turut menyumbangkan peranannya dalam aktivitas keluar, yaitu di luar lingkup ASEAN. Salah satunya adalah ikut aktif dalam menjalin hubungan antara ASEAN dengan negara- negara maju yang berpengaruh. ASEAN perlu menjalin kerjasama dengan negara- negara maju guna mendapatkan keuntungan yang ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat di wilayah negara- negara ASEAN. Beberapa negara maju yang menjalin kerjasama dengan ASEAN adalah Jepang, beberapa negara di Eropa dan juga Cina atau Tiongkok.

7. Gerakan Pembebasan Moro di Filipina
Salah satu contoh peranan Indonesia dalam upaya perdamaian di lingkungan negara ASEAN adalah pembebasan kaum muslim Moro di Filipina.

Leave a Reply

Your email address will not be published.