Gerhana matahari ada berapa?

Gerhana matahari ada berapa?

Jawaban:

Gerhana matahari terjadi apabila posisi kedudukan bulan berada di antara bumi dan matahari. Pada gerhana ini, sebagian sinar matahari ke permukaan bumi tertutup oleh bulan. Gerhana matahari biasanya terjadi ketika posisi bulan berada pada bulan baru dan bulan berada di dekat salah satu simpul orbitnya. Berikut ini jenis-jenis gerhana matahari, antara lain:

1. Gerhana matahari total. Pada gerhana ini, posisi matahari tertutupi sepenuhnya oleh bulan dikarenakan bulan berada dekat ke bumi dalam orbit bujurnya. Gerhana ini biasanya sangat jarang terjadi.

2. Gerhana matahari sebagian. Gerhana ini terjadi ketika bulan hanya menutupi sebagian matahari. Gerhana ini biasanya aman untuk dilihat oleh mata telanjang tanpa takut merusak retina mata.

3. Gerhana matahari cincin. Gerhana ini terjadi pada saat bulan hanya menutup sebagian daripada posisi matahari, sehingga cahaya matahari membentuk cincin yang bercahaya di sekitar bayangan bulan yang mengelilinginya.

4. Gerhana matahari hibrida. Gerhana ini tidak terjadi pada semua di wilayah belahan bumi atau hanya pada wilayah tertentu. Biasanya, gerhana ini mirip seperti gerhana matahari total tetapi di titik lain gerhana ini nampak seperti gerhana matahari cincin.

Jadi, gerhana matahari ada empat, yaitu gerhana matahari total, sebagian, cincin, dan hibrida.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …