Apa yang dimaksud dengan konprensi meja bundar

Apa yg di maksud dengan konprensi meja bundar…

Jawaban :

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah, Konferensi Meja Bundar (KMB) merupakan salah satu upaya Indonesia mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari serangan Belanda dalam Agresi Militer Belanda melalui jalur perundingan.

Penjelasan :

Konferensi Meja Bundar (KMB) merupakan salah satu upaya Indonesia mempertahankan kemerdekaan Indonesiadari serangan Belanda dalam Agresi Militer Belanda. Konferensi Meja Bundar (KMB) dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus sampai 2 November 1949 di Den Haag (Belanda). KMB digelar setelah Belanda dan Indonesia melewati beberapa jalur diplomasi sebelumnya. Beberapa jalur diplomasi yang dilakukan oleh Belanda dan Indonesia diantaranya perundingan Linggarjati, perjanjian Renville, juga perjanjian Roem-Roijen. Dalam rangka mempercepat penyerahan kedaulatan, pemerintah Indonesia yang kala itu diasingkan di Bangka, bersedia mengikuti KMB. Pada tanggal 2 November 1949, persetujuan KMB berhasil ditandatangani.

Akan tetapi, pada 1956 Indonesia secara sepihak membatalkan hasil KMB. Salah satu penyebab Indonesia membatalkan hasil KMB adalah karena semua hutang bekas Hindia-Belanda akan dipikul RIS. Saat Indonesia membatalkan KMB pada 1956 Indonesia telah membayar 4 Milyar Gulden.

Check Also

Sebutkan ada berapa yang mempengaruhi kenberagaman yang ada di negara kita, indonesia ?

Sebutkan ada berapa yang mempengaruhi kenberagaman yang ada di negara kita, indonesia ? Jawaban : …