Negara yang dijuluki sebagai negara paru paru dunia adalah

Negara yang dijuluki sebagai negara paru paru dunia adalah …

Jawaban :

Negara yang dijuluki paru-paru dunia adalah negara Brazil, Kongo, dan Indonesia.

Penjelasan :

Keberadaan hutan memiliki peran yang penting dalam mengatasi masalah polusi dan masalah iklim. Keberadaan hutan juga memiliki peran penting dalam menjaga nafas kehidupan di Bumi sepanjang masa. Dengan peran tersebut keberadaan hutan disebut sebagai paru-paru dunia. Sebaran hutan antara satu wilayah dengan wilayah lain tidak sama. Ada negara yang memiliki hutan yang luas dan disebut sebagai paru-paru dunia, dan ada pula negara yang memiliki hutan yang sedikit. Berikut ini adalah negara-negara yang disebut sebagai paru-paru dunia.
1. Brazil. Negara ini memiliki hutan hutan hujan yang paling luas di dunia, termasuk 40% hutan Amazon berada di negara Brazil.
2. Kongo. Negara ini menjadi negara kedua yang memiliki hutan hujan terluas di dunia. Huran hujan di Kongo memiliki peran dalam menyimpan stok air untuk seluruh Benua Afrika. Hutan hujan di Kongo juga mampu menyimpan karbon 3x lebih banyak dibandingkan dengan hutan Amazon.
3. Indonesia. Indonesia memiliki hutan hujan terluas ketiga setelah Brazil dan Kongo. Meskipun luas hutan hujan di Indonesia terus menurun namun hutan hujan di Indonesia masih mampu menyerap emisi karbon yang besar.

Jadi, ada 3 negara yang disebut paru-paru dunia yaitu Brazil, Kongo, dan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.