Kualitas, jumlah, jenis dan harga barang atau jasa yang dikonsumsi oleh seseorang dapat mencerminkan tingkat

Kualitas, jumlah, jenis dan harga barang atau jasa yang dikonsumsi oleh seseorang dapat mencerminkan tingkat..
A. sosialnya
В. seleranya
C. pendidikannya
D. kemakmurannya

Jawaban :

A. Sosialnya.

Penjelasan :

Status sosial adalah keadaan atau kedudukan seseorang di masyarakat. Setiap orang dituntut untuk melaksanakan berbagai kewajiban sesuai dengan status atau kedudukan yang disandangnya. Akibatnya, muncul konsep pemberian penghargaan sebagai pendorong agar individu mau melaksanakan kewajiban sesuai dengan status atau kedudukannya tersebut. Bentuk penghargaan yang diberikan dapat berupa insentif di bidang ekonomi (kekayaan) maupun sejumlah hak istimewa.

Pada kenyataannya, setiap orang tidak memiliki kemampuan yang sama. Hal ini mengakibatkan penghargaan yang diberikan masyarakat akan berbeda-beda. Perbedaan seperti ini akan memengaruhi gaya hidup (life style).

Salah satu bentuk perbedaan gaya hidup sebagai dampak dari stratifikasi sosial adalah perbedaan kualitas, jumlah, jenis dan harga barang atau jasa yang dikonsumsi oleh seseorang. Semakin tinggi kelas atau tingkat sosial masyarakat, maka kualitas barang yang dikonsumsi akan semakin baik, jumlahnya akan lebih banyak, dan jenis serta harga barang atau jasa akan semakin mahal.

Tinggalkan komentar