Urutan benua dari yang terluas yaitu

Urutan benua dari yang terluas yaitu ….
a. Asia, Amerika, Afrika, Australia, Eropa
b. Asia, Amerika, Eropa, Australia, Afrika
c. Asia, Amerika, Afrika, Eropa, Australia
d. Asia, Afrika, Amerika, Eropa, Australia

Jawaban :

D. Asia, Afrika, Amerika, Eropa, Australia

Pembahasan :

Benua terluas di permukaan Bumi adalah Benua Asia, sedangkan benua yang paling kecil adalah Benua Australia.

1. Benua Asia. Benua Asia menyumbang hampir sepertiga daratan dunia. Benua ini memiliki berbagai wilayah iklim dari kutub di Arktik Siberia hingga tropis di khatulistiwa Indonesia. Dibandingkan benua lainnya, Asia adalah yang paling bergunung-gunung. Lebih dari 50 puncak tertinggi di dunia berada di Asia.

2. Afrika. Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia. Wilayah Afrika mencakup lebih dari tiga kali luas Amerika Serikat. Afrika membentang sekitar 8.000 km. Ia terhubung dengan Asia oleh Tanah Genting Suez di Mesir.

3. Amerika Utara. Benua Amerika Utara mencakup pulau besar di Greenland di timur laut. Di ujung utara, benua itu membentang di belahan dunia, dari Greenland hingga Aleutians.

4. Amerika Selatan. Amerika Selatan membentang dari pantai Karibia ke perairan dingin di dekat Lingkaran Antartika. Pulau-pulau paling selatan di Amerika Selatan, Tierra del Fuego, berjarak kurang dari 1.120 km dari Antartika.

5. Antartika. Antartika, benua terbesar kelima di dunia, adalah tempat paling berangin, terkering, dan terdingin di Bumi.

6. Eropa. Benua Eropa mempunyai lebih dari 40 negara, termasuk kota-kota besar di dunia, seperti London, Paris, Berlin, Roma, Madrid, dan Moskow.

7. Australia. Benua Australia hanya mencakup kurang dari 8,5 juta km persegi. Populasinya sekitar 31 juta dan ia pun dinobatkan sebagai benua dengan penduduk yang paling sedikit, setelah Antartika.

Tinggalkan komentar