Kota industri utama Tiongkok

Kota industri utama Tiongkok…

Jawaban :

Kota industri utama di Tiongkok adalah Tianjing, Shenzhen, Guangzhou, Chengdu, dan Hangzhou.

Penjelasan :

Tiongkok merupakan negara dengan perkembangan paling cepat, hal ini karena didukung perubahan sistem produksi nasional berbasis agraria menjadi industrial sejak reformasi ekonomi yang dilakukan Deng Xiaoping pada 1978.

Adapun kota-kota di Tiongkok yang bertransformasi menjadi kota dengan peradaban maju dan menjadi kota industri, antara lain:
1. Tianjin: berkembang sebagai kota industrial dengan spesialisasi industri tekstil, perakitan mobil, dan produksi metal.
2. Shenzhen: sebagai salah satu kota yang dijuluki ‘Silicon Valley’ di Tiongkok bertransfomasi menjadi kota yang menjadi markas untuk perusahaan-perusahaan multinasional seperti DJI dan Tencent.
3. Guangzhou: kota dengan pendapatan terbesar di belakang Beijing, Shanghai, dan Shenzhen. Tujuan wisata favorit di Guangzhou adalah Guangdong Science Center, pusat hiburan IPTEK terbesar di dunia.
4. Chengdu: menjadi pusat industri yang memproduksi beragam komoditas. Chengdu memiliki pusat penelitian Panda terbesar yakni Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding.
5. Hangzhou: menjadi kota industrial yang menjadi rumah bagi 18 perusahaan unicorn, menjadikannya kota unicorn terbesar ketiga setelah Beijing dan Shanghai.

Jadi, jawaban dari kota industri utama di Tiongkok adalah Tianjing, Shenzhen, Guangzhou, Chengdu, dan Hangzhou.

Tinggalkan komentar