Apa Fungsi Resistor Dalam Rangkaian Elektronika

Apa Fungsi Resistor Dalam Rangkaian Elektronika

Solderpanas.com – Sebelum membahas “Apa fungsi resistor dalam rangkaian elektronika”Kita harus tau apa itu resistor dan bagaimana cara kerjanya.

Di pembahasan ini saya akan bahas tuntas supaya kalian mampu memahami keseluruhan mengenai komponen yang satu ini. Baiklah langsung saja ke topik pembahasan kali ini.

Pengertian Resistor

Merupakan komponen elektronika yang fungsinya sebagai penahan arus yang mengalir dalam suatu rangkaian elektronik dan resistor tidak mempunyai kutub negatif maupun positif ,Resistor mempunyai hukum Ohm yaitu (V = IR) dan dilambangkan Ohm yang satuan resistansi.

Resistor nilainya dilambangkan dengan kode warna sehingga kalian harus hafal dan tau masing masing gelang warna pada sebuah resistor dibawah ini adalah nilai dari masing masing warna dan toleransinya.

nilai resistor

Fungsi Resistor dalam rangkaian elektronik

Sebagai pengatur dalam pembatasan sebuah arus yang mengalir di suatu rangkaian elektronik. Dengan adanya sebuah resistor dalam sebuah rangkaian maka arus listrik dapat disalurkan sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.

Adapun fungsi resistor adalah sebagai berikut:

  1. Berfungsi sebagai penahan arus dalam rangkaian elektronik ,sehingga arus keluar sesuai dengan yang kita inginkan.
  2. Digunakan untuk menurunkan tegangan sehingga komponen elektronik aman.
  3. Resistor juga sebagai pembagi tegangan.
  4. Berfungsi sebagai pembangkit tegangan frekuensi tinggi dan frekuensi rendah.
  5. Sebagai penghilang noise pada sebuah peralatan elektronik di rumah

Sehingga dapat disimpulkan bahwa:

Fungsi dari resistor sangat penting dan berguna dalam suatu rangkaian ,sehingga untuk mengurangi kerusakan dalam suatu komponen elektronik lainnya digunakanlah sebuah resistor gunannya untuk mengalirkan arus yang sesuai dengan kebutuhan tanpa mengalami over voltage sehingga menyebapkan komponen cepat rusak.

Resistor mempunyai 2 tipe penahan arus tersendiri yaitu resistor dengan tipe 1 watt dan 2 watt semua itu digunakan sesuai kebutuhan yang ingin digunakan.

Baca Juga :  Fungsi Kapasitor dan Jenis Kapasitor di Rangkaian Elektronika

Mungkin hanya itu yang dapat saya jelaskan kepada kalian semua mengenai “Fungsi Resistor dalam rangkaian elektronik” semoga artikel ini bisa membantu pemahaman kalian semua yang masih belajar di bidang elektronika,semua ilmu itu bisa kalian dapat jika kalian belajar dengan hati yang ikhlas tanpa ada paksaan dari orang lain.Terima kasih

#SALAM SOLDER PANAS

 

4 comments

  1. Harus teliti kalo mau beli barang sperti ini, beda warna bisa salah wkwk

  2. Bagus sekali

  3. Sangat menginapirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *