Apa perbedaan antara metamorfosis sempurna dan tidak sempurna?

Apa perbedaan antara metamorfosis sempurna dan tidak sempurna?

Jawaban:

Perbedaan dari metamorfosis sempurna dan tidak sempurna adalah pada metamorfosis sempurna melalui fase larva dan pupa, sedangkan metamorfosis tidak sempurna tidak ada fase larva dan pupa.

1. Pada metamorfosis sempurna, bentuk hewan muda sangat berbeda dari bentuk hewan dewasa. Metamorfosis sempurna ditandai dengan adanya fase yang disebut pupa atau kepompong. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah kupu-kupu, tungau, lalat, tawon, dan lebah. Adapun tahapan dari metamorfosis sempurna yaitu telur –> larva –> pupa (kepompong) –> dewasa (imago).

2. Pada metamorfosis tidak sempurna, serangga yang baru menetas (nimfa) memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dari bentuk serangga dewasa (imago). Perbedaan yang mencolok adalah nimfa tidak memiliki sayap, sedangkan serangga dewasa memiliki sayap. Sayap tersebut akan tumbuh secara bertahap sehingga menyerupai bentuk serangga dewasa. Secara umum, nimfa dan serangga dewasa memiliki sifat yang sama. Metamorfosis tak sempurna, antara lain terjadi pada kecoa, capung, jangkrik, dan belalang. Tahapan metamorfosis tidak sempurna berbeda dengan metamorfosis sempurna, yaitu tidak mengalami tahap pupa (kepompong). Adapun tahapan pada metamorfosis tidak sempuna yaitu telur –> nimfa –> dewasa (imago).

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …

Leave a Reply

Your email address will not be published.