Mengapa air laut tidak dapat diminum?

Mengapa air laut tidak dapat diminum?

Jawaban:

Berikut ini beberapa alasan mengapa manusia tidak dapat meminum air laut, antara lain menyebabkan kehilangan cairan tubuh, kerusakan ginjal, masalah pencernaan, dan peningkatan tekanan darah.

Pembahasan:

Air laut mengandung kadar garam yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, kita tidak dapat meminumnya.

Berikut ini beberapa alasan mengapa manusia tidak dapat meminum air laut:
1. Menyebabkan kehilangan cairan tubuh
Kadar garam yang tinggi pada air laut apabila masuk ke dalam tubuh manusia dapat memicu ginjal untuk mengeluarkan garam yang berlebih tersebut melalui urine. Oleh sebab itu, saat manusia meminum air laut justru akan merasa semakin haus setelah dan lebih sering buang air kecil sehingga menyebabkan cairan tubuh akan berkurang.
2. Menyebabkan kerusakan ginjal
Tingginya kadar garam pada air laut dapat menimbulkan bahaya apabila terminum oleh manusia dalam jumlah yang banyak karena dapat meningkatkan jumlah garam pada ginjal yang menyaring darah. Peningkatan kadar garam yang dikonsumsi dapat menyebabkan kelebihan kalsium dalam ginjal sehingga dapat memungkinkan terbentuknya batu ginjal.
3. Menyebabkan masalah pencernaan
Kelebihan kadar garam saat manusia meminum air laut dapat menyebabkan beberapa masalah pada pencernaan, seperti diare, sakit perut, tukak lambung, disentri, dan tifoid.
4. Menyebabkan peningkatan tekanan darah
Tingginya kadar garam pada air laut apabila sampai terminum oleh manusia dalam jumlah banyak maka dapat meningkatkan kadar garam dalam tubuh. Garam atau sodium yang berlebihan dapat memicu kenaikan tekanan darah. Tekanan darah tinggi menjadi faktor risiko sejumlah penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …

Leave a Reply

Your email address will not be published.