Kegunaan Solder dan Jenis - Jenis Solder
People photo created by freepik - www.freepik.com

Kegunaan Solder dan Jenis – Jenis Solder

Kegunaan Solder dan Jenis – Jenis Solder – Mungkin masih ada yang belum tau apa itu solder? ya sebagian orang yang masih benar – awan tentang elektronika mungkin tidak tau dengan apa itu solder. Solder adalah alat utama yang sangat penting yang dibutuhkan seorang teknisi elektronika.

Solder sangat dibutuhkan untuk pekerjaan – pekerjaan yang berhubungan dengan kelistrikan atau perangkat elektronika. Agar lebih mengenal tentang pengertian solder, fungsi solder, jenis solder dan cara menggunakanya bisa simak pembahasan mimin dibawah ini :

Pengertian Solder

Pengertian solder mengutip dari Wikipedia, Solder adalah sebuah alat yang digunakan untuk membantu dalam merakit atau membongkar suatu komponen elektronika, yang terpasang pada papan PCB.

Dibutuhkan skil dan latihan terus menerus agar dapat melakukan teknis mnyolder dengan sempurna. Biasanya dalam menyolder bahan pendukung yang digunakan adalah kawat timah dan juga cairan fluks.

Kawat timah digunakan untuk bahan tambahan yang akan mencair bila terkena suhu panas dari mata solder. Sedangkan flux digunakan untuk mencegah timbulnya kerak pada saat menyolder, kerak yang ditumbulkan pada saat menyolder nantinya akan menghalangi timah dan sulit menempet pada papan PCB.

Cara Kerja Solder Listrik

Pada dasarnya cara kerja dari solder listrik itu simpel, yaitu merubah dari energi listrik menjadi energi panas. Energi listrik akan memanaskan komponen elemen pemanas yang ada pada solder. Elemen tersebut terhubung dengan bagian ujung dari solder atau yang biasa disebut dengan mata solder yang menjadi panas.

Ada dua jenis element pemanas yang digunakan pada solder, yaitu element yang menggunakan kawat filament (coil) dan juga element yang menggunakan bahan keramik. Jika  dilihat dari segi ketahanan dan keawetan bahan, makan element dengan yang berbahan keramik lebih unggul dibandingkan dengan kawat filament (coil) yang lebih mudah putuh ketika digunakan.

Kegunaan Solder dan Jenis – Jenis Solder

Fungsi dari solder sendiri terganting dari jenis solder yang digunakan, namun pada dasarnya tetap sama cara kerjanya yaitu merubah dari energi listrik menjadi energi panas. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari solder yang jamak kita temui dalam kehidupan sehari – hari :

Baca Juga :  Multitester Terbaik Yang Biasa Digunakan Oleh Teknisi

Memasang dan Melepas Komponen Elektronika

Secara garis besar solder lebih banyak digunakan untuk memanaskan kemudian mencairkan kawat timah ketika akan digunakan untuk memasang komponen elektronika. Timah disini berfungsi seperti lem yang akan melekatkan antar komponen ke papan PCB.

Tidak hanya dapat digunakan untuk memasang komponen elektronika, solder juga dapat digunakan untuk melepas komponen elektronika dari papan PCB.Komponen pada papan PCB biasanya dilakukan apabila terjadi kerusakan pada komponen tersebut sehingga perlu untuk diganti dengan komponen yang baru.

Macam – Macam Solder

Ada berbagai jenis solder yang beredar dipasaran, semua dibedakan berdasarkan bahan, kemampuan, dan kegunaan yang dimiliki solder tersebut. Misalnya solder yang digunakan seorang teknisi handphone biasanya juga membutuhkan solder dengan jenis blower/ hot air.

Berikut adalah beberapa jenis solder yang beredar di pasaran :

1. Solder Jenis Biasa

Jenis Solder biasa

Jenis solder ini adalah yang paling banyak digunakan dan seorang teknisi pasti memiliki solder ini. Harga dari jenis solder jenis ini ruga relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis solder yang lainya.

Fungsi utama dari solder ini adalah untuk menyambungkan atau memasang komponen elektronika ke papan PCB.

2. Solder Uap

Jenis Solder Uap

Solder uap biasanya digunakan untuk seorang teknisi yang lebih profesional atau expert, pasalnya untuk menggunakan solder jenis ini harus mengetahui dasar tentang tingkat panas yang dihasilkan oleh mata solder jenis ini.

Tidak hanya tingkat panas, tekanan udara dari solder uap juga harus diatur sedimikian rupa agar dapat menhasilkan solderan yang sempurna dan tidak merusak komonen lainya.

Kelebihan Jenis solder uang dibandingkan dengan jenis solder biasa yaitu :

  • Panas dari mata solder dapat diatur sesuai keinginan antara 100 – 500 derajat.
  • Digunakan untuk solder -dioldering komponen Surface Mount Technology
  • Dapat mengurangi resiko komponen resiko lainya yang disebabkan oleh listrik yang tidak stabil

Karena kelebihan yang dikiliki dari solder uap ini, maka tidak heran jika harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan solder biasa.

3. Solder dengan pengontrol suhu

Baca Juga :  Kenapa Solder Nyetrum ,Ini dia masalahnya!

Jenis Solder dengan pengatur temperatur

Kemudian selanjutnya ada juga solder yang menggunakan pengontrol suhu. Suhu panas di solder jenis ini dapat diatur sedemikian rupa dan tetap stabil meskipun telah menyala dalam waktu yang lama.

Selain itu meskipun tegangan naik turun, namun suhu di solder ini akan tetap stabil. Karena kondisi ini pula solder ini menjadi lebih awet.

Jika kamu akan menggunakan solder untuk kebutuhan apapun, pastikan kalian memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget kalian ya.

Spesifikasi pada solder jenis ini :

  • Elemen pemanas menggunakan bahan dari keramik
  • Range Temperatur antara 20 -480 °C
  • Tip to Ground Potential  di bawah 2m
  • Temperature Stability adalah ± 1 °C
  • Tip to Ground Resistance di bawah 2Ω

Bagian – Bagian Solder Listrik

1. Elemen Panas

Solder ialah tipe perlengkapan panas yang mengganti tenaga listrik jadi tenaga panas( kalor). Bagian penting dari perlengkapan solder merupakan elemen solder ataupun elemen pemanas yang berperan selaku penentuk besar rendahnya temperatur.

Bila pada solder ada tekanan yang besar, hingga buat temperatur yang diperoleh juga bakal terus menjadi besar. Pada elemen pemanas solder memiliki energi khusus yang penggunaanya dipilih sesuai dengan kebutuhannya.

Jika digambarkan misalnya kalian akan memasang komponen IC (Intergrated Circuit pada PCB, maka sebaiknya kalian menggunakan elemen panas yang kurang dari 30 watt, agar panas yang dihasilkan tidak berlebih dan tidak menyebabkan kerusakan pada komponen yang lainya.

2. Besi Solder serta Mata Solder

Tip ataupun besi solder ialah bagian solder listrik selanjutnya yang berperan buat mengalirkan tenaga panas yang tadinya diperoleh oleh elemen pemanas.

Oleh sebab berperan sebagai konduktor, hingga bagian ini wajib dibuat dari materi yang sanggup menghantarkan panas dengan bagus.

Kemudian, panas yang terdapat dalam solder terdapat pada bagian ujungnya ataupun mata solder itu, alhasil dengan begitu solder itu bisa dipakai buat solder timah pada saat kita lagi merangkai bagian elektronika.

Tidak hanya itu buat mata solder yang baik mempunyai pucuk yang lancip yang dibuat dari materi penghantar panas yang bagus. Oleh karena seperti itu kenapa ujung solder dibuat dari tembaga.

3. pegangan Solder

Supaya nyaman serta aman digunakanya, hingga perlengkapan solder listrik dilengkapi dengan pegangan. Terdapat yang berupa tembakan serta terdapat pula yang berupa batang.

Baca Juga :  Kenapa Solder Nyetrum ,Ini dia masalahnya!

Materi yang dipakai buat membuat pegangan solder merupakan plastic yang dicampur dengan materi khusus alhasil senantiasa nyaman serta tidak meleleh kala solder dipanaskan.

Memo: solder yang baik, sehingga bakal memakai pegangan yang berbahan spesial yaitu kuat pada panas.

Sebaliknya buat solder dengan mutu kurang bagus, hingga umumnya tidak ada pegangan yang kuat kepada panas. Jadi, pada saat digunakanya temperatur panasnya masih terasa.

Fungsi Solder Tembak

Solder tembak mempunyai switch pemindah kapasitas energi. Kapasitas energi pengaruhi keadaan panas solder. Solder tembak terdiri atas 2 kapasitas energi, contoh 20W serta 75W

Pada dasarnya Fungsi solder tembak dan yang lain sama, yaitu buat memanaskan timah dan menyambung bagian kabel yang putus ataupun bagian- bagian yang cacat”.

Fungsi Timah Solder

Fungsi timah solder merupakan selaku perlengkapan yang buat menyambungkan antara 2 buah bagian yakni bagian perekat elektronika serta papan pbc.

Fungsi Pasta Solder

  • Buat melenyapkan oksidasi, kala melaksanakan penyorderan.
  • Tujuan Penyolderan
  • Penyambungan elektrikal.
  • Mengaitkan metal buat memperoleh gerakan listrik.
  • Penyambungan mekanikal.
  • Mengaitkan 2 metal, buat menguatkan posisi kedua bagian.
  • Efektifitas proteksi.
  • Menghindari bagian itu dari kebocoran ataupun masuknya air, udara, minyak pada hasil penyolderan.
  • Menghindari karat dengan menyelimuti permukaan metal dengan penyolderan.

Jenis- jenis Timah Solder

Karakter timah solder ada 2 aspek penting, ialah aransemen kombinasi metal serta tipe flux yang tercantum dalam timah solder itu.

  • Timah Solder Flux
  • Timah RoHS

Demikianlah pembahasan solderpanas.com mengenai Kegunaan Solder dan Jenis – Jenis Solder dan juga pengertian dari solder itu sendiri. Semoga bermanfaat buat kalian semua dan terimakasih.

 

 

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Jenis Jenis Solder Solder Adalah Rangkaian Solder Listrik Perubahan Energi Yang Terjadi Pada Solder Listrik Adalah Perubahan Energi Pada Solder Pengertian Solder Macam Macam Solder Komponen Solder Kegunaan Solder Apa Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Pegangan Pada Solder Fungsi Timah Solder Fungsi Solder Wick Fungsi Solder Fungsi Pasta Solder Cara Kerja Solder UapCara Kerja Solder Bagian Bagian Solder Apa Itu Solder

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *