Siapa penemu lampu pijar?

Siapa penemu lampu pijar?

Jawaban:

Penemu lampu pijar adalah Warren de la Rue.

Pembahasan:

Seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris pada tahun 1808, Warren de la Rue membuat lampu pijar menggunakan kumparan platinum. Karena harga lampu buatan tersebut menggunakan bahan baku yang mahal, yaitu platinum, selain itu waktu hidup lampu buatannya tidak lama, maka lampu pijar buatannya tidak bertahan lama.
Pada tahun 1840, seorang ilmuwan melanjutkan perjuangan Warren, yaitu R. Glove Glove menemukan lampu pijar dengan kumparan platinum, lampu pijar buatan Glove ternyata praktis untuk sebuah lampu listrik.
Ilmuwan lain yang juga melanjutkan perjuangannya adalah Sir J.W.Swan pada tahun 1860 menciptakan lampu pijar dengan kertas karbonisasi dan pemrosesan serat kapas dengan asam sulfat. Tapi, lampu buatan Swan masih kurang sempurna. Lampu ciptaan Swan memiliki kelemahan, karena membuat bola lampu menjadi menghitam.
Pada tahun 1879, seorang ilmuwan bernama Thomas Alva Edison mengembangkan dan mematenkan lampu pijar, ia menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menyempurnakan lampu pijar buatannya. Pada akhirnya, lampu milik Edison-lah, yang menjadi dasar dari lampu modern saat ini.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …