Berikan contoh interaksi atarruang berkaitan dengan peristiwa banjir?

Berikan contoh interaksi atarruang berkaitan dengan peristiwa banjir?

Jawaban :

Contoh interaksi atarruang berkaitan dengan peristiwa banjir adalah banjir yang terjadi di wilayah hilir disebabkan oleh kondisi wilayah hulu sungai.

Penjelasan :

Interaksi antarruang merupakan hubungan timbal balik yang terjadi di antara dua atau wilayah atau lebih karena adanya perbedaan dan kemudian dapat mengakibatkan suatu gejala baru. Sementara itu, banjir merupakan keadaan saat wilayah yang biasanya tidak tergenang air menjadi tergenang oleh air.

Contoh dari interaksi antarruang yang berkaitan dengan banjir adalah peristiwa banjir di daerah hilir sungai. Peristiwa banjir tersebut dapat dipicu oleh tingginya curah hujan di wilayah terkait ataupun di wilayah hulu sungai. Banjir juga dapat terjadi karena daerah resapan di hulu sungai yang sudah sangat minim, sehingga curah hujan yang turun di daerah hulu tidak dapat diserap dengan baik dan sebagian besar airnya dialirkan ke sungai hingga menyebabkan bencana banjir di daerah hilir. Selain itu, banjir juga dapat terjadi karena rusaknya bendungan di daerah hulu, atau rusaknya tanggul di bantaran sungai.

Maka, dapat disimpulkan bahwa contoh interaksi atarruang berkaitan dengan peristiwa banjir adalah banjir yang terjadi di wilayah hilir disebabkan oleh kondisi wilayah hulu sungai.

Tinggalkan komentar