Berdasarkan pernyataan kondisi tersebut, pernyataan yang tepat berkaitan dengan konsep terjadinya interaksi antar ruang adalah

Daerah dataran tinggi cocok untuk daerah pertanian yang biasanya menghasilkan beragam sayuran karena memiliki jenis tanah yang subur dan udaranya sejuk daerah pesisir kurang cocok untuk digunakan sebagai daerah pertanian karena tanahnya kurang subur serta di kondisinya panas. Berdasarkan pernyataan kondisi tersebut, pernyataan yang tepat berkaitan dengan konsep terjadinya interaksi antar ruang adalah…
A. sumber daya alam di suatu ruang bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian rakyatnya.
B. ruang merupakan suatu komponen yang terdiri dari tanah air dan udara
C. setiap ruang dipermukaan bumi memiliki karakteristik yang berbeda
D. interaksi antar ruang terjadi untuk melanjutkan keberlangsungan makhluk hidup

Jawaban :

C. Setiap ruang dipermukaan bumi memiliki karakteristik yang berbeda.

Penjelasan :

Pernyataan yang tepat berkaitan dengan konsep terjadinya interaksi antar ruang adalah setiap ruang dipermukaan bumi memiliki karakteristik yang berbeda, yah.

Berikut adalah penjelasannya.

Ruang adalah wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut, dan ruang udara, termasuk ruang di dalam bumi sebagai satu kesatuan wilayah, tempat manusia dan makhluk lain hidup, melakukan kegiatan, dan memelihara kelangsungan hidupnya. Setiap ruang di muka bumi memiliki karakteristik yang berbeda. Perbedaan itulah yang memunculkan interaksi antar ruang untu kemudian saliing melengkapi satu sama lain.
Dalam pernyataan soal menyebutkan bahwa daerah dataran tinggi cocok untuk daerah pertanian karena memiliki jenis tanah yang subur dan udaranya sejuk, sedangkan daerah pesisir kurang cocok untuk digunakan sebagai daerah pertanian.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa jawaban yang paling tepat adalah C. setiap ruang dipermukaan bumi memiliki karakteristik yang berbeda.

Tinggalkan komentar