Dengan maraknya konversi lahan dan terbentuknya kota-kota baru di Asia memicu terjadinya perpindahan penduduk dari desa ke kota. Berikut ini yang bukan merupakan faktor pendorong perpindahan penduduk dari desa ke kota adalah

Dengan maraknya konversi lahan dan terbentuknya kota-kota baru di Asia memicu terjadinya perpindahan penduduk dari desa ke kota. Berikut ini yang bukan merupakan faktor pendorong perpindahan penduduk dari desa ke kota adalah…

Jawaban :

Beberapa faktor pendorong terjadinya urbanisasi adalah seperti minimnya sarana dan prasarana di desa dan sedikitnya lapangan pekerjaan yang tersedia dan tidak bervariasi di desa.

Penjelasan :

Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari wilayah pedesaan menuju ke perkotaan. Pada umumnya hal ini disebabkan oleh adanya ketimpangan pembangungan daerah pedesaan dengan kota. Misalnya tidak tersedia berbagai fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan masyarat seperti fasilitas pendidikan dan kesehatan di desa, kemudian lapangan pekerjaanya yang tersedia sedikit dan tidak bervariasi sehingga tingginya angka pengangguran di desa yang menyebabkan meningkatnya angka kemiskinan masyarakat pedesaan. Hal ini lah yang menyebabkan masyarakat desa tertarik untuk tinggal di wilayah perkotaan yang memiliki pembangunan dan perekonomian lebih maju dibandingan daerah pedesaan.

Jadi, dapat disimpulkan beberapa faktor pendorong terjadinya urbanisasi adalah seperti minimnya sarana dan prasarana di desa dan sedikitnya lapangan pekerjaan yang tersedia dan tidak bervariasi di desa.

Tinggalkan komentar