Mengapa Di Benua Amerika Terdapat banyak Gunung Berapi?

Mengapa Di Benua Amerika Terdapat banyak Gunung Berapi?

Jawaban :

Ada banyak gunung berapi di Benua Amerika, yah.

Penjelasan :

Gunung berapi adalah gunung yang masih dapat meletus dan mengeluarkan lahar, magma, serta bebatuan. Gunung api ini dapat terbentuk dari batu-batuan cair yang terkumpul di bawah kerak bumi. Benua Amerika sendiri merupakan sebuah benua di dunia yang merujuk kepada wilayah daratan di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. Secara geologis, Benua Amerika diapit oleh barisan pegunungan yang membentang dari utara hingga ke bagian selatan. Di Benua Amerika bagian barat terdapat pegunungan Rocky kemudian terus membujur hingga ke selatan ada Pegunungan Sierra Nevada serta Pegunungan Cascade.
Gunung berapi aktif umumnya terdapat di Alaska, misalnya di Kepulauan Alexander dan Aleutian. Hawaii juga memiliki banyak gunung berapi aktif. Supervulkan yang mendasari terbentuknya Taman Nasional Yellowstone adalah situs vulkanis terbesar yang terdapat di Amerika Serikat. Dataran di sebelah pesisir Atlantik terdiri dari hutan gugur dan perbukitan Piedmont. Selain itu, Pegunungan Appalachian membagi pantai timur Amerika Serikat menjadi dua bagian. Hal ini dapat memperlihatkan bahwa di Benua Amerika terdapat banyak gunung, termasuk gunung berapi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak gunung berapi di Benua Amerika karena diapit oleh barisan pegunungan yang membentang dari utara hingga ke bagian selatan.

Baca Juga :  Secara astronomis benua amerika terletak pada?